Pelaksanaan Manasik Haji Bagi Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun Tahun 2018

Karimun (Humas) – Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Samsudin belum bisa memastikan kapan pelaksanaan Manasik Haji bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Karimun dan KUA Kecamatan.

Belum ada kepastiannya waktu pelaksanaan Manasik Haji tahun 2018 ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Samsudin saat ditemui hari ini, Rabu, (7/3/2018).

“Belum bisa disampaikan kapan pelaksanaan Manasik Haji, karena sampai saat ini belum ada petunjuk teknis pelaksanaannya dari pusat. Termasuk biayanya pelaksanaannya juga belum turun. Nanti akan segera disampaikan kapan dan jadwal pelaksanaannya setelah junisnya turun.” Jawab H. Samsudin.

Untuk diketahui bahwa tahun lalu biaya operasional haji dikenal dengan istilah PAOH (Penyelenggaraan Anggaran Operasional Haji) dan pada tahun ini dengan istilah PKOH (Biaya Keuangan Pengelolaan Operasional Haji).

Pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Manasik Haji yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama dilaksanakan sebanyak 10 kali yakni Manasik Haji di tingkat KUA Kecamatan sebanyak 8 kali dan di tingkat Kantor Kemenag Kabupaten Karimun sebanyak 2 kali dan dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan.

Untuk informasi tambahan ada sebanyak 210 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Karimun akan mengikuti manasik haji yang diselenggarakan oleh Ikatakan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Karimun dan diselengarakan di dua tempat, di pulau Karimun dan di pulau Kundur pada tanggal 17, 18, 24 dan 25 Maret 2018 mendatang.

Comments