Pemeriksaan Kesehatan Lanjutan Bagi Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun Tahun 2018

Karimun (Humas) – Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Samsudin menyatakan bahwa ada pemeriksaan kesehatan lanjutan bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun tahun 2018.

“Pemeriksaan kesehatan lanjutan ini berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun.” Jelas H. Samsudin saat ditemui di ruang kerjanya hari ini Rabu (7/3/2018).

Pemeriksaan kesehatan tersebut, menurut penjelasan H. Samsudin dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 23 Maret 2018 di RSUD Muhammad Sani.

“Dari penjelasan di surat Dinas Kesehatan tersebut pemeriksaannya di RSUD Muhammad Sani pada tanggal 12 sampai 23 Maret 2018. Mengapa harus di RSUD, tidak di Puskesmas Kecamatan saja karena pemeriksaan kesehatan lanjutan ini meliputi pemeriksaan kimia darah yaitu SGOT, SGPT, ureum dan kreatin tidak bisa dilakukan di Puskesmas.” Tambahnya.

Terkait pemeriksaan ini, Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun sudah menyampaikan kepada Kepala KUA Kecamatan untuk menyampaikan jadwal pemeriksaan kesehatan lanjutan ini kepada Jamaah Calon Haji yang berada di kecamatan masing-masing dan penyampaian informasi ini juga akan disampaikan dari pihak Puskemesmas Kecamatan kepada jamaah.

Ditanya terkait biaya pemeriksaan kesehatan tersebut. H. Samsudin menjawab bahwa biaya ditanggung oleh masing-masing jamaah.

“Besaran biayanya ditentukan oleh RSUD, perkiraan biayanya sekitar 120 ribu rupiah.” Jawab H. Samsudin.

Sebelum pemeriksaan lanjutan ini sudah ada pemeriksaan awal di Puskesmas oleh masing-masing jamaah, yakni pemeriksaan pengambilan sampel Laoratorium (darah dan urine) dan Tes Kebugaran yang dilaksanakan dari tanggal 19 sampai 29 Februari 2018 berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan bagi masing-masing jamaah per kecamatan.

Comments