Kemenag Karimun Lakukan Monitoring Pelaksanaan UAMBN Tingkat MTs Tahun 2018

Karimun (Humas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Pendidikan Islam melakukan monitoring pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) T.P 2017/2018 tingkat Madrasah Tsanawiyah.

“Pelaksanaan monitoring ini untuk memastikan pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) T.P 2017/2018 tingkat Madrasah Tsanawiyah berlangsung sesuai dengan ketentuan, sehingga pelaksanaan ujian bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar.” Jelas H. Riadul Afkar, Senin (02/4/2018).

Masih menurut H. Riadul Afkar, dalam pelaksanaan monitoring tersebut selain untuk mengecek jumlah siswa yang mengikuti ujian juga ada beberapa komponen aspek admnisitrasi yang dinilai kepada panitia pelaksana ujian.

“Diantara aspek yang dimonitoring tersebut terkait administrasi pelaksanaan ujian seperti adanya SK penunjukan sebagai Madrasah Penyelenggaraan Ujian Madrasah, SK Panitia Penyelenggara Ujian Madrasah, Juklak/Juknis Ujian Madrasah, Pembakuan Nama Calon Peserta Ujian, Daftar Peserta Ujian Madrasah, Kartu tanda Peserta Ujian, Jadwal Ujian Praktek dan Tertulis,” Tambah H. Riadul Afkar.

Selain itu juga diperiksa RKA Ujian Madrasah, Surat Pernyataan Panitia Ujian Madrasah, Denah Ruang Ujian Madrasah, Denah Tempat Duduk Peserta, Nomor Peserta, Tata Tertib Pengawas Ujian Madrasah, tata Tertib Peserta Ujian Madrasah, Buku Daftar Hadir Pengawas Ujian Madrasah, dan Buku Serah Terima Naskah dari Kepala Madrasah ke Pengawas Ujian Madrasah.

“Tim monitor juga harus mengecek jumlah lembar soal, lembar jawaban, berita acara, daftar hadir dan daftar nilai  apakah ada kekurangan dari jumlah yang seharusnya.” Tambah H. Riadul Afkar lagi.

Dan terakhir, masih dari penjelasan H. Riadul Afkar, tim monitoring selain memeriksa kelengkapan admnisitrasi ujian juga harus melakukan pengamatan langsung atas pelaksanaan ujian seperti ruang ujian dan tempat duduk peserta ujian apakah sudah diatur sesuai ketentuan, apakah ada alat peraga/bantu di ruang ujian, keamanan soal ujian, adanya pengawas silang, adanya kode bel pelaksanaan ujian, ketertiban pengawas dan peserta ujian, termasuk terkait kebersihan dan keamanan lingkungan di sekitar tempat ujian.

Berikut adalah nama-nama petugas yang melaksanakan monitoring pelaksanaan UAMBN-BK/KP tingkat MTs T.P 2017/2018, yakni Tugiatno, S.Pd pada MTsN Karimun, Suyanto, S.Ma pada MTs Al-Hikmah Durai, Rattna Susanty, S.Ag pada MTs Al-Hidayah Moro, Wibowo, A.Ma pada MTs At-Taufiq Kundur Utara. Rita sahara, S.Pd.I pada MTs Al-Muttaqin Kundur, Drs. H. Riadul Afkar pada MTs Hidayatul Islamiyah Meral, Emil Yulisman, S.Kom. pada MTs Ar- Raudhah Tebing, Eva Afiani, SE pada MTs Islamiyah Yaspika karimun , Dra. Nuzaimah pada MTs Ummul quro Kundur Barat dan Syukriadi, S.Ag. pada MTs Babussalam Meral.

Comments