H. Lukman Menjadi Narasumber Acara Sosialisasi dan Edukasi Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga

Karimun (Humas) – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun Drs.H.Lukman menjadi narasumber pada Acara Sosialisasi dan Edukasi Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Tahun Anggaran 2018 di Hotel Karimun City (Rabu 2/5/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun pada kesempatan tersebut menyampaikan materi tentang Program KB Dalam Pandangan Agama.

“Secara umum semua agama membolehkan dan mendukung program KB ini, baik dalam agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha maupun Konghucu. Sebgaian lagi setuju dengan program KB asalkan cara KBnya sesuai dengan tuntunan agama atau tidak melanggar aturan agama tersebut. Dan hanya sebagian kecil pendapat yang menolak program KB.” Kata H. Lukman.

Selanjutnya H. Lukman secara khusus membahas pandangan agama Islam tentang KB, dimana ia merujuk pada Fatwa MUI Tentang Kependudukan, Kesehatan dan Pembangunan yang membolehkan dan mendukung program KB ini. 

“Hanya saja cara KB dengan Vasectomi dan Tubectomi yang diharamkan oleh MUI sebagaimana tertuang dalam Fatwa MUI Tentang Vasectomi dan Tubectomi. Namun oleh sebagian ulama ada yang membolehkan Vasectomi dan Tubektomi yang Non Permanen dimana masih bisa dikembalikan lagi ke semula.” Tambah H. Lukman.

Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sudah lama menjalin kerjasama dalam mendukung program KB yakni pada kegiatan Bimbingan Perkawinan.

Comments