Kompetisi Sains Madrasah Kabupaten Karimun Resmi Dibuka

Karimun (Humas) – Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini menuntut siswa madrasah agar bisa mengikuti perkembangan dan tidak tertinggal. Salah satu upaya tersebut yakni dengan diselenggarakannya Kompetensi Sains Madrasah atau biasa disingkat dengan KSM yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama KAbupaten Karimun melalui Seksi Pendidikan Islam pada Sabtu lalu (12/5/2018) bertempat di MTs Islamiyah Yaspika Teluk Air.

“Kompetensi Sains Madrasah (KSM) diharapkan mampu memupuk motivasi siswa madrasah untuk terus bersemangat mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, jadi diharapkan siswa madrasah kita itu selain memiliki Imtak (Iman dan Takqa) juga menguasai Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).” Ungkap Kepala Seksi Kesiswaan Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Kepri Suparno, S.Ag  saat membuka KSM 2018 tingkat Kabupaten Karimun, Sabtu (12/05) di MTs Islamiyah Yaspika Karimun.

Selanjutnya Suparno, S.Ag mengatakan KSM ini di gelar seluruh kabupaten / Kota Se-Kepri, Pendaftarannya melalui online. Namun pelaksanaan masih  mengunakan kertas pensil. Sedangkan pelaksanaan KSM ini diikuti sebanyak 593 peserta seluruh Kepri. Kita mengharapkan pula dengan KSM 2018 ini dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal di bidangnya dan mampu berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Siswa madrasah diharapkan pula selalu meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengangkat tema, “Yang Sehat, Unggul, dan Berdaya Saing Global” kegiatan KSM ini diikuti sebanyak 99 siswa madrasah dari tingkat MI, MTs dan MA dengan bidang lomba untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah lomba Matematika dan IPA, untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah lomba Matematika, Biologi dan Fisika dan tingkat Madrasah Aliyah lomba Matematika, biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

“Secara umum KSM 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains Madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetensi yang sehat dan menjunjung tinggi sportifitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.” Jelas Ratna Susanty, S.Ag selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Adapun secara khusus tujuan dari KSM ini lanjut Ratna Susanty, menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spritual berdasarkan nilai-nilai agama, menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah dan memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.

“Adapun Madrasah Ibtidaiyah yang mengikuti KSM tahun ini yakni dari MIN 1 dan MIN 2 Karimun, MIS Darul Jannah, Nurul Huda, Ar-Raudhah, Tarbiyah islamiyah, Darul Ikhsan,  Islamiyah dan Tarbiyah Baitul Mubin sebanayak 17 peserta” Kata Ratna Susanty lagi.

Dan dari MTs, akan diikuti oleh MTsN Karimun, MTsS Islamiyah Yaspika, Hidayatul Islamiyah, Ar-Raudhah, Babussalam, Al-Muttaqin , At Taufiq dan Ummul Quro’ sebanyak 42 peserta.

Terakhir untuk tingkat Madrasah Aliyah akan diikuti sebanyak 39 peserta utusan dari MAN Tanjung Pinang Filial MA USB Karimun, MAS Yaspika, MAS Hidayatul Islamiyah, MAS Ar RAudah, MAS Al-Huda dan MAS Ummul Quro.

Comments