Persiapan Akreditasi RA/Madrasah di Kabupaten Karimun Tahun 2018

Karimun (Humas) – Kepala RA/Madrasah Kabupaten Karimun yang akan diakreditasi pada tahun ini diminta untuk mempersiapkan diri.

Tahun 2018 ini ada 3 RA dan 9 Madrasah di Kabupaten Karimun yang diusulkan untuk diakreditasi yaitu RA Al-Ikhlas, BA Assifa’ dan RA Ibnu Rusyd. Sedangkan 9 madrasah yang diusulkan untuk akreditasi tahun 2018 ini adalah MI Nurul Islam, MI Darul Jannah, MTs Islamiyah Yaspika, MTs Hidayatul Islamiyah, MTs Ar-Raudhah, MTs Al-Hikmah, MTs Babussalam, MA Yaspika dan MA Ar-Raudhah.

“Akreditasi tahun 2018 menggunakan aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA) secara online yang membutuhkan data pendidikan EMIS yang terupdate.” Ungkap Emil Yulisman, staf Seksi Pendis yang menangani akreditasi.

Jika RA/Madrasah tidak menginput data di aplikasi SISPENA tersebut, masih menurut penjelasan Emil Yusliman maka Tim Asesor dari BAN S/M tidak akan melakukan Akreditasi.

Untuk pelaksanaan akreditasi ini diperlukan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak lainnya mulai dari Kanwil Kemenag provinsi, Kantor Kemenag Kabupaten, Badan Akreditasi Provinsi dan Kepala RA/Madrasah.

Madrasah yang akan diakreditasi dituntut untuk menyiapkan item-item yang menjadi penilaian dalam akreditasi agar mendapat nilai A.

Untuk diketahui pada penilaian Akreditasi tahun 2017 lalu, MI Nurul Huda Telaga Tujuh mendapat nilai A dan MTsN 1 karimun mendapat nilai B.

Comments