Kegiatan Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Karimun Tahun 2019

Karimun (Humas) – Pada tahun 2019 ini, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun akan melaksanakan berbagai kegiatan. Hal ini sebagaimana disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Bimas Islam H. Riadul Afkar, Selasa (15/1/2019).

“Ada kegiatan sosialisasi peraturan di bidang Kepenghuluan, ada juga kegiatan Musabaqah Baca Kitab bagi Kepala KUA dan Penghulu.” Ungkap H. Riadul Afkar.

Dan untuk memenuhi Standar Pelayanan Prima di KUA, masih menurut penjelasan H. Riadul akan dilaksanakan kegiatan evaluasi kelembagaan KUA dan bimbingan teknis peningkatan layanan KUA berbasis IT.

“Pada tahun 2019 ini juga kita rencanakan akan melaksanakan kegiatan bimbingan pengelolaan keuangan keluarga, bimbingan perkawinan pra-nikah bagi calon pengantin, bimbingan perkawinan pra-nikah bagi remaja usia nikah. Kegiatan-kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka upaya mewujudkan Keluarga Sakinah bagi calon pengantin.” Tambah H. Riadul Afkar.

Selain itu pada tahun ini, lanjut H. Riadul Afkar, masih dianggarkan tunjangan (insentif) bagi Penyuluh Agama Islam Non-PNS, pemilihan Penyuluh Teladan PNS dan Non-PNS Tingkat Kabupaten Karimun, pembinaan Penyuluh Agama Islam Non-PNS dan PNS, dan rekrutmen Penyuluh Agama Islam Non-PNS.

“Dan pada tahun 2019 ini juga rencananya akan diberikan juga bantuan operasional bagi ormas keagamaan Islam dan Majelis Taklim yang ada di Kabupaten Karimun. Karena keterbatasan dana mungkin hanya sekitar 1 ormas keagamaan Islam dan 4 Majelis Taklim yang bisa dibantu pada tahun ini.” Jelas H. Riadul Afkar lagi.

Namun H. Riadul Afkar menegaskan bahwa rencana kegiatan tersebut masih harus menunggu proses pembukaan blokir baru bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disusun karena sebagian besar anggaran masih dalam posisi dibintang.   


Comments