5 Perwakilan Ponpes Karimun Ikuti Kegiatan Penyusunan Master Soal UN PPS T.P 2018/2019

Karimun (Inmas) – Lima orang perwakilan dari Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) dari Kabupaten Karimun mengikuti kegiatan Penyusunan Master Soal Ujian Nasional Pondok Pesantren Salafiyah Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan Penyusunan Master Soal Ujian Nasional Pondok Pesantren Salafiyah Tahun Pelajaran 2018/2019 ini dilaksanakan selama 3 hari, yakni dari hari Senin hingga Rabu, 18-20 Februari 2019 di Wisma Kemenag Kota Batam.

Lima perwakilan Pondok Pesantren Salafiyah dari Kabupaten Karimun yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Nurfitriyana, S.Pd. dari PPS Mutiara bangsa, Dewi Pita Sari, S.Pd. dari PPS Darut Taufiq, Sahrin dari PPS Hidayatullah, Mirnawati, S.Pd. dari PPS Darut Taufiq dan Indra Gunawan, S.Pd.I dari PPS Hidayatullah. Dan turut mendampingi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Wibowo, A.Ma. staf pengolah data pontren di Seksi Pendidikan Islam.

“Kegiatan dibuka oleh Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau H. Mukhlisuddin, kegiatan. Selama 3 hari dr tanggal 18 - 20 februari 2019. Kegiatan meliputi penyusunan máster soal usbn untuk pelajaran agama, pembahasan kisi-kisi soal  dan pembahasan  tentang POS USBN / UNBK Ponpes Salafiyah Tahun Pelajaran 2018/2019.” Jelas Wibowo melalui pesan Whatsapp, Selasa (19/2/2019).

Wibowo juga menjelaskan bahwa dalam penyusunan naskah soal USBN PPS ini terdiri atas 2 (dua) paket terdiri atas 1 (satu) paket utama dan 1 (satu) paket susulan yang ditentukan untuk masing-masing mata pelajaran.

“Adapun mekanismenya dalam merakit soal USBN PPS ini terdiri dari 20%-25% soal dari pusat dan 75%-80% soal yang disusun oleh guru dan telah ditelaah oleh Pokja PPS berikut kelengkapannya berupa format lembar jawaban, pedoman penskoran untuk soal uraian, dan kunci jawaban untuk pilihan ganda.” Tambah Wibowo.

Comments