Berikut Ketentuan Paspor Jamaah Calon Haji Tahun 1440 H/2019 M

Karimun (Inmas) -  Bagi Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat pada tahun 1440 H/2019 M harus memenuhi ketentuan paspor yang berlaku. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Endang Sry Wahyu, S.Ag. Kamis (21/2/2019).

“Paspor Jamaah Calon Haji itu ada ketentuan yang harus dipenuhi hal ini sebagaimana diatur oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Yang pertama, Paspor Haji itu harus memiliki 48 halaman dan masa berlakunya minimal sampai dengan tanggal 3 Februari 2020.” Jelas H. Endang Sry Wahyu.
Selanjutnya pada halaman ID Paspor Jamaah Calon Haji sudah dilaminasi oleh Kantor Imigrasi setempat.

“Dan nama yang tercantum dalam paspor minimal terdiri dari 3 (tiga) kata.” Tambah H. Endang.

Foto pada halaman ID paspor harus orang yang sama dengan paspoto yang ditempel pada cover depan paspor dan pada lembar tanda bukti setoran pelunasan BPIH.

“Data jemaah haji seperti nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir pada paspor harus sama dan sesuai dengan data yang terdapat pada lembar tanda bukti setoran pelunasan BPIH dan database SISKOHAT dan jika ada perbedaan maka akan kita lakukan perbaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.” Tambah H. Endang lagi.

Seluruh paspor nanti akan discan halaman ID dan halaman endorsment untuk bahan verifikasi dengan lembar visa di tingkat Kanwil.

“Paspor yang pemiliknya berusia kurang dari 18 tahun harus dilengkapi dengan fotocopy surat nikah.” Pungkas H. Endang.

Hingga saat ini paspor JCH Kabupaten Karimun yang sudah diserahkan ke Siskohat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun sebanyak 104 Paspor dari 150 Paspor. 

Dan ketentuan terbaru bahwa mulai tahun ini tidak ada penggantian biaya penerbitan paspor bagi jamaah haji yang pada tahun sebelumnya akan diganti ketika jamaah berada di Asrama Haji Mebarkasi menjelang keberangkatan ke Arab Saudi. (zhir)

Comments