Bukti Setoran Awal BPS BPIH JCH Kabupaten Karimun 1440H/2019M Sudah Diserahkan Ke Siskohat Kanwil Kemenag Kepri.

Karimun (Inmas) – Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Endang memastikan sudah menyerahkan seluruh Bukti Setoran Awal BPS BPIH Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun yang akan berangkat pada tahun 1440H/2019M.

“Sudah kita serahkan semua Bukti Setoran Awal BPS BPIH JCH kita ke Siskohat Kanwil Kementerian Agama Kepri di Batam Center, terakhir penyerahan pada hari Rabu tanggal 13 Februari 2019 lalu sebanyak 15 lembar terdiri dari yang sudah Haji, tambahan 5% dan lembar yang kekurangan pada penyerahan sebelumnya. Penyerahan disertai dengan lembar fotocopy KTP Jamaah Calon Haji.” Jelas H. Endang.

Penyerahan Bukti Setoran Awal BPS BPIH Jamaah Calon Haji (JCH) ini, jelas H. Endang lagi merupakan salah satu tertib administrasi sebagai bukti kelengkapan syarat untuk menunaikan Ibadah Haji.

“Jadi jumlah lembar bukti setoran awal  BPS BPIH yang sudah diserahkan ke  SIKOHAT sebanyak 139 lembar.” Tambah H. Endang.

Selain itu, tambah H. Endang lagi, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah juga sudah melaporkan terkait penyelesaian paspor JCH Kabupaten Karimun yang akan berangkat tahun ini ke SISKOHAT Batam.

“Kita juga dapat informasi bahwa pada tahun ini dimulai proses biometrik sebagai salah satu syarat pembuatan visa haji. Informasi dari SISKOHAT Batam waktunya belum bisa disampaikan dan akan segera disampaikan jika sudah didapat.” Tutup H. Endang.

Sebagaimana beredar di Media Massa bahwa pada tahun ini ada aturan baru yang dibuat Pemerintah Arab Saudi, yakni mewajibkan rekam biometrik melalui VFS-Tasheel sebagai persyaratan penerbitan visa umrah dan haji. Dalam Proses biometrik tersebut mencakup pengambilan data retina mata, sidik jari, dan lainnya. Padahal, proses biometrik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya dilakukan di bandara masing-masing. (zhir)

Comments