Guru TPQ/MDA dan Imam Hafizh Quran Kabupaten Karimun Akan Terima Insentif dari Pemrov Kepri Tahun 2019

Karimun (Inmas) – Pada tahun 2019 Guru TPQ/MDT dan Imam Hafizh Quran di Kabupaten Karimun akan menerima bantuan Insentif dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Pemberian insentif ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan Guru TPQ/MDT, Imam Hafizh Quran dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap  peningkatan kinerja Guru TPQ/MDT dan Imam Hafizh Quran sekaligus mewujudkan Visi Gubernur H. Nurdin Basirun yakni Peningkatan Akhlak Mulia bagi masyarakat Kepulauan Riau.

Berikut adalah persyaratan Guru TPQ/MDT dan Imam Hafiz Quran yang berhak menerima bantuan Insentif sebagaimana dijelaskan oleh Wibowo, staf Seksi Pendis yang mengikuti Rakor Tim Verifikasi Pemberian Insentif Guru TPQ/MDA dan Imam Hafizh Quran 2019, Kamis (14/2/2019) kemarin di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri Gedung A Lt.4 Dompak.

Persyaratan Guru TPQ/MDT penerima insentif dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tahun 2019 adalah:
  1. Guru TPQ/MDT baik laki-laki maupun perempuan yang masih aktif sebagai guru/pembimbing dan melakukan tugas Kegiatan Belajar Mengajar di TPQ/MDT dalam wilayah Kabupaten/Kota Provinsi Kepri.
  2. Guru TPQ/MDT yang bersangkutan terdaftar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.
  3. Lembaga TPQ/MDT tempat guru mengajar tersebut memiliki Izin Operasional dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.
  4. Sudah menjadi guru TPQ/MDT minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan Keputusan Kepala TPQ/MDT bersangkutan.
  5. Tidak sedang diberhentikan atas permintaan sendiri atau karena tindakan hukum atau meninggal atau sakit yang cukup lama sehingga tidak dapat melaksanakan tugas sebagai Guru  TPQ/MDT.
  6. Pendidikan guru TPQ/MDT diutamakan SLTA ke atas atau sederajat. Bagi guru TPQ/MDT yang pendidikan dibawah SLTA/sederajat dan memiliki skill/keterampilan sesuai yang dibutuhkan s dapat diusulkan sebagai penerima insentif dengan syarat harus memiliki sertifikat kelayakan yang dikeluarkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.
  7. Nama-nama Guru TPQ penerima insentif merupakan usulan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau.
Dan berikut adalah persyaratan Imam Hafiz Quran penerima insentif dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tahun 2019:
  1. Imam aktif di salah satu masjid/mushalla/surau berdasarkan keputusan dari Ketua Pengurus Masjid/Mushalla/Surau yang diketahui oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan di wilayah Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Riau.
  2. Sebagai Imam Masjid/Mushalla/Surau yang hafal Al-Quran pada kelompok Hafiz Quran 10 Juz, 20 Juz atau 30 Juz yang dibuktikan dengan sertifikat sebagai Hafiz Quran dari lembaga/badan/institusi/komunitas dibidang Hafiz Quran yang diketahui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.
  3. Tidak sedang diberhentikan atas permintaan sendiri atau karena tindakan hukum atau meninggal atau sakit yang cukup lama sehingga tidak dapat melaksanakan tugas sebagai Imam Hafiz Quran lagi.
  4. Nama-nama Imam Hafiz Quran penerima insentif merupakan usulan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau melalui Biro Kesejahteraan Rakyat Sekreatariat Daerah Provinsi Kepri.
Khusus pemberian insentif bagi Imam Hafiz Quran dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yakni Imam Hafiz Quran 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz.

Comments