H. Endang Sry Wahyu: Biaya Perjalanan Ibadah Haji 2019 Menunggu Keputusan Presiden.

Karimun (Inmas) – Meski sejumlah media memberitakan bahwa biaya haji pada tahun ini tidak ada kenaikan, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Endang Sry Wahyu lebih memilih menunggu Keputusan Presiden  terkait besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler untuk Tahun 1440 H/2019 M. 

“Dari berita yang kita baca di media, itu besaran biaya haji rata-rata secara nasional bukan per-embarkasi. Setiap embarkasi nantinya bisa berbeda-beda besaran biaya hajinya. Jadi sebaiknya menunggu Keputusan Presiden saja.” Jawab H. Endang, Jumat (8/2/2019).

Untuk diketahui pada tahun 1439 H/2018 M lalu besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) bagi Jemaah Haji Embarkasi Batam sebesar Rp. 32.456.450,00. Besaran BPIH tersebut untuk biaya penerbangan haji, sebagian biaya pemondokan di Makkah dan biaya hidup (living cost).  

Sebelumnya, sejumlah media memberitakan bahwa Komisi VIII DPR RI bersama pemerintah telah mengesahkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019/1440 Hijriah. Pengesahan dilakukan Komisi VIII dan Menteri Agama di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/2/2019). Pemerintah dalam hal ini diwakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan besaran biaya BPIH yang harus dibayar oleh jamaah haji rata-rata Rp 35.235.602

Menteri Agama juga menyampaikan bahwa ada beberapa peningkatan pelayanan dalam penyelenggaraan haji tahun 2019 ini diantaranya adalah  Transportasi Shalawat untuk Jarak 1.000 m atau lebih dari Masjidil Haram, Tenda di Arafah menggunakan AC, penempatan akomodasi Makkah sistim zonasi, menu Katering citrarasa Nusantara sesuai Zonasi Penempatan Jemaah dan penyediaan Urinoir Mina 8 unit per maktab.

Comments