H. Samsudin Ikuti Rapat Tim Kewaspadaan Dini dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Karimun

Karimun (Inmas) -  Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, H. Samsudin, Kamis (21/2/2019) kemarin mengikuti rapat koordinasi Tim Kewaspadaan Dini dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Karimun.

“Kegiatan dilaksanakan hari kamis kemarin di ruang pertemuan Hotel Alishan Tanjungbalai Karimun dari pukul 09.00 WIB sampai siang. Kegiatan dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kabupaten Karimun.” Kata H. Samsudin saat ditemui hari ini. Jumat (22/2/2019).

Kewaspadaan Dini, menurut penjelasan H. Samsudin dari penjelasan dari narasumber  Al- Auni Akbar, Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional dari Kesbangpol Kabupaten Karimun adalah serangkaian upaya atau tindakan untuk menagkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini.

“Sedangkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau disingkat dengan FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.” Terang H. Samsudin.

Rangkaian kegiatan dari Kewaspadaan Dini, lanjut H. Samsudin meliputi pendekteksian, pengidentifikasian, menilai, menganalisa, menafasirkan dan menyajikan informasi dalam rangka memberikan  peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk Ancaman, Tantangan, Hambatan dan gangguan (ATHG) di daerah.

“Adapun fungsi dari Kewaspadaan Dini di daerah itu adalah untuk meningkatkan peran Pemerintah Daerah, instansi terkait dan masyarakat untuk memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban umum di daerah serta untuk meningkatkan koordinasi  dan sinergitas antar perangkat daerah.” Tambahnya.

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau FKDM terdiri dari unsur Wakil Ormas, Perguraun Tinggi, Lembaga Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan elemen masyarakat lainnya. (zhir)

Comments