Input Data di Aplikasi SIAGA Kemenag Karimun Sudah Mencapai 20 %.

Sejumlah Guru PAI Kabupaten Karimun Saat Menerima Penjelasan Cara Menggunakan Aplikasi SIAGA
Karimun (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Pendidikan Islam sudah menggunakan aplikasi SIAGA atau Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama. Karena sesuai dengan ketentuan bahwa mulai tahun 2019 guru PAI, Pengawas PAI dan operator data Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kabupaten yang mengurus guru PAI diwajibkan menggunakan Aplikasi SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama). 

“Sampai hari kira-kira sudah sekitar 30 % data terinput oleh guru PAI. Memang ada beberapa kendala dalam penerapannya seperti masalah internet, masih ada beberapa guru yang belum menguasasi IT dan masih ada guru yang mengirim berkas lampiran dalam bentuk foto bukan hasil scanner sehingga datanya tidak bisa terbaca. Tapi hal ini kita maklumi karena aplikasi ini masih baru, tapi kedepan pasti tidak akan sulit lagi.” Jelas Tugiatno, Staf Pendis yang menangani aplikasi SIAGA ini, Selasa (19/2/2019).

Untuk diketahui pula bahwa Aplikasi SIAGA atau Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan oleh Operator di Kementerian Agama tingkat Provinsi dan Kabupaten. Aplikasi SIAGA ini berisi laporan rekapitulasi Guru dan pengawas PAI yang diklasifikasikan dalam beberapa kategori diantaranya jenjang, status kepegawaian, sertifikasi, TPG, dan lainnya.

Aplikasi SIAGA ini, jelas Tugiatno lagi diberlakukan untuk proses pemberkasan sertifikasi guru PAI agar lebih efektif dan terintegrasi dengan pusat data EMIS. Tugiatno juga memastikan bahwa sosialisasi kepada guru-guru PAI untuk penggunaan aplikasi SIAGA sudah disampaikan.
“Kita sosialisasikan melalui koordinator-koordinator Kecamatan, nanti koordinator ini yang akan menjelaskan kepada guru-guru PAI lainnya.” Jelas Tugiatno.

Guru PAI dalam aplikasi SIAGA tersebut diharuskan melengkapi isian data yang ada seperti Portofolio yang terdiri atas Data Personal, Data Status Pegawai, data Pendidikan, Data Keluarga, Data Riwayat Pelatihan dan Data Prestasi.

Selanjutnya adalah Data Jadwal dan Tugas Guru dan data Administrasi seperti Sertifikasi, NRG, TPQ, SKMT dan Mutasi.

Dan tugas dari operator Kantor Kementerian Agama Kabupaten adalah melakukan verval (verifikasi dan validitasi) data yang diinput oleh guru PAI apakah sudah benar atau belum, verval tersebut diantaranya tentang verval Biodata Guru, verval Jadwal mengajar, verval Sertifikasi dan verval NRG.  (zhir).

Comments