Kasubbag TU Kemenag Karimun Ikuti Rakor Penyusunan Rencana Aksi Penanganan Konflik Sosial

Karimun (Inmas) – Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Kholif Ihda Rifai, Jumat pagi (22/2/2019) mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Aksi Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Karimun Tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun tersebut berlangsung di Ruang Rapat Cempaka Putih Lantai III Kantor Bupati Karimun dari pukul 08.00 WIB sampai selesai dan dimpin oleh Sekda Kabupaten Karimun, Muhd.Firmansyah didampingi Kepala Kesbangpolinmas Erdan Firdaus.

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh sejumlah FKPD itu membahas tentang berbagai potensi yang bisa menimbulkan konflik sosial dan upaya pencegahannya.

“Aturan tentang penanganan Konflik Sosial ini sudah diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan, yakni UU Nomor 7 tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial, PP Nomor 2 tahun 2015 tentang Peraturan pelaksanaaan UU Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial dan Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 42 tahun 2015 tentang Pelaksanaan Koordinasi Penanganan konflik Sosial.” Jelas H. Kholif Ihda Rifai usai mengikuti rapat.

Berbagai potensi konflik sosial yang berpotensi muncul di masyarakat, lanjut H. Kholif Ihda Rifai diantaranya konflik karyawan dengan perusahaan, konflik bernuansa keagamaan, konflik karena isu SARA dan konflik karena masalah politik.

“Upaya untuk mencegah berbagai kemungkinan potensi konflik tersebut disusun dalam bentuk rencana aksi daerah terpadu penanganan konflik sosial, diantaranya dengan upaya peningkatan nilai-nilai toleransi kehidupan beragama dalam rangka revolusi mental sesuai dengan dasar kebangsaan yakni Pancasila, YYD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatannya dapat berupa penyuluhan, pengajian, FGD, dan kegiatan lainnya.” Tutup H. Kholif Ihda Rifai. (zhir)

Comments