Kegiatan Pembentukan dan Pelantikan Bantara Ambalan MAN Karimun

Karimun (Inmas) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karimun melaksanakan kegiatan Pelantikan Bantara Ambalan MAN Karimun. Kegiatan berlangsung pada Sabtu (16/2/2019) lalu bertempat di MAN Karimun dan Pantai Pongkar.

Kegiatan pembentukan Ambalan ini bertujuan untuk memudahkan penghimpunan, pengelolaan, penggerakan dan pengarahan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka Penegak untuk mencapai tujuannya. 

“Kegiatan pembentukan Ambalan MAN Karimun ini acara pembukaan dan penutupannya dilakukan di madrasah sedangkan rangkaian kegiatan pelantikan dilakukan di Pantai Pongkar. Jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 38 siswa. Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan pelantikan berakhir sesuai dengan yang diharapkan.” Kata M. Khairum, Kepala MAN Karimun, Senin (18/2/2019).

M. Khairum menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penaikan pangkat pramuka dari Penegak ke Bantara dan sekaligus melatih mental siswa agar selalu sigap. Kegiatan langsung dibawah binaan kak Pembina Risky Sasmita,S.Pd, dan Effendi, S.Pd.

“Saya merasa senang karena siswa-siswi yang mengikuti pelantikan Bantara Ambalan ini bisa mengkuti rangkaian kegiatan secara baik dan tertib. Kegiatan dilakukan mulai pada pukul 07.00 wib sampai 16.00 wib. Dengan kegiatan pelantikan Bantara Ambalan ini tentu diharapkan siswa bisa memiliki sikap mental yang selalu sigap dan tangguh.” Kata M. Khairum lagi.

Untuk diketahui Ambalan Penegak atau sering hanya disebut Ambalan adalah satuan organisasi dalam Gerakan Pramuka. Ambalan Penegak dibagi dalam 4 sangga yang masing-masing sangga terdiri atas 6 - 8 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak merupakan tempat pembinaan Pramuka berusia 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak.

Ambalan dipimpin oleh seorang Pembina Penegak dibantu dua orang Pembantu Pembina. Pembina Penegak sedikitnya berusia 25 tahun sedang Pembantu Pembina paling rendah berusia 23 tahun. Tiap sangga dipimpin oleh seorang Pimpinan Sangga (Pinsa) yang dibantu oleh seorang Wakil Pemimpin Sangga. Pinsa dan Wapinsa dipilih dari dan oleh anggota sangga yang bersangkutan. (zhir)

Comments