Kegiatan Penerangan Agama Islam Bagi Masyarakat Kabupaten Karimun

Karimun (Inmas) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau melalui Bidang Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan kegiatan Penerangan Agama Islam Bagi Masyarakat Kabupaten Karimun pada hari ini, Kamis (21/2/2019) bertempat di Pesantren Mutiara Bangsa Pulau  Parit Kecamatan Karimun.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kabid Bimas Islam, Drs. H. Afrizal didampingi, Kasi Penerangan Agama Islam, Muhammad Yunus, S.Ag. dan Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Riadul Afkar dan diikuti sebanyak 40 peserta.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama Islam pada masyarakat.

Dalam pemaparannya, Kabid Bimas Islam, H. Afrizal menyampaikan beberapa tema sentral yang menjadi permasalahan umat Islam di Provinsi Kepri.

“Yang pertama, rapuhnya ketahanan lembaga perkawinan yang bisa dilihat dari tingginya angka perceraian dalam sepuluh tahun  terakhir, selanjutnya banyak berita-berita hoaks yang beredar di media sosial yang meresahkan masyarakat.” Kata H. Afrizal, Kamis (21/2/2019) 

Permasalahan terkini lainnya adalah pada bulan-bulan ini di tahun politik  juga dilihat menjadi pemicu perpecahan dikalangan umat Islam. Begitu juga dengan munculnya isu terorisme dan radikalisme yang dikaitkan dengan agama.

“Merosotnya akhlak anak-anak juga menjadi sorotan yang merusak moral generasi bangsa. Termasuknya juga merebaknya kasus trafiking, narkoba, miras, perjudian, prostitusi juga turut menambah deretan permasalahan.” Tambahnya.

Kegiatan yang hanya berlangsung 1 hari ini hanya diisi oleh dua narasumber, yakni Kabid Bimas Islam, Drs. Afrizal dengan judul materi Meningkatkan Amal Sholeh dan dari Kasi Penerangan Agama Islam, Muhammad Yunus, S.Ag. dengan judul materi Membina Keluarga Sakinah. (zhir)




Comments