Kemenag Kabupaten Karimun Bantu Urus Perdim Jamaah Calon Haji Tahun 1440 H/2019 M

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Endang Sry Wahyu
Karimun (Inmas) -  Untuk kelancaran keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 1440 H/2019 M, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah membantu pengurusan Permohonan Dokumen Keimigrasian atau biasa disebut dengan Perdim 11.

Untuk diketahui Perdim adalah formulir perjalanan Republik Indonesia untuk warga negara Indonesia dan merupakan salah satu persyaratan dalam pengajuan permohonan paspor yang akan berangkat ke luar negeri termasuk yang akan menunaikan ibadah haji.

Pengisian Perdim di Kabupaten Karimun, khusus bagi jamah calon haji biasanya dilakukan secara kolektif, hal ini dimaksudkan agar jamaah calon haji lebih mudah dalam pengisian data pada formulir tersebut secara benar, lengkap dan jelas sehingga proses pengajuan permohonan paspor bisa secepatnya dilakukan. 

“Setelah pengisian Perdim selesai dan syarat-syarat dilengkapi, verifikasi data selesai, direncanakan akhir Februari ini semua sudah selesai dan segera  diserahkan ke Kantor Imigrasi.” Jelas H. Endang Sry Wahyu, Jumat (8/2/2019) saat ditemui di ruang kerjanya.

Dalam pengisian Perdim ini tidak boleh ada kesalahan dalam pengisian data, khususnya terkait dengan identitas diri harus benar dan jelas serta didukung dengan data pendukung seperti KTP, Akte/KK, Ijazah atau Buku Nikah.

“Pengisian formulir ini harus benar dan jelas untuk menghindari kesalahan data dan harus singkron antara KTP, Akte, KK, Ijazah dan buku nikah. Jika ada perbedaan maka dipilih data yang paling lama diantara identitas diri tersebut.” Tambah H. Endang.

Selanjutnya, H. Endang menambahkan bahwa pembuatan paspor bagi jamaah calon haji dibiayai oleh negara. Pemerintah akan menanggung seluruh biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan paspor ini. 

“Akan tetapi anggaran dari pemerintah tidak bisa diberikan dalam waktu dekat. Sehingga biaya untuk pembuatan paspor dibebankan sementara pada jamaah calon haji. Penggantian biaya paspor akan diberikan pada saat pemberangkatan di Embarkasi,“ pungkas H. Endang.

Comments