Kemenag Kabupaten Karimun Minta TPQ dan DTA Untuk Memperbaharui Izin Operasional

Karimun (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Pendidikan Islam telah menyurati kepada seluruh TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) dan DTA (Diniyah Takmiliyah Awaliyah) yang ada di Kabupaten Karimun untuk memperbaharui Izin Operasionalnya.

“Bagi TPQ dan DTA yang masa berlaku Izin Operasionalnya telah berakhir telah kita surati agar segera melakukan pembaharuan Izin Operasionalnya ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.” Jelas Wibowo, staf Pendis yang menangani bidang Pendidikan Keagamaan, Rabu (13/2/2019) saat ditemui di ruang kerjanya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi lembaga TPQ dan DTA untuk memperbaharui Izin Operasionalnya adalah dengan melampirkan Izin Operasional yang lama serta Surat Rekomendasi yang  menyatakan bahwa TPQ atau DTA bersangkutan masih aktif dari BMPG-TPQ Kecamatan atau FKDT Kecamatan dan dari Ka. KUA Kecamatan setempat.

“Surat rekomendasi dari BMPG-TPQ atau FKDT serta dari KUA Kecamatan ini diperlukan untuk memastikan apakah TPQ atau DTA tersebut benar-benar masih aktif atau tidak.” Tambah Wibowo. 

Wibowo juga menegaskan bahwa jika TPQ atau DTA tidak melakukan pembaharuan Izin Operasionalnya maka akan dianggap sudah tidak aktif lagi dan dikeluarkan dari Data Emis.

“Masa berlaku Izin Operasional TPQ dan DTA yang diterbitkan berlaku selama 5 Tahun. Jika tidak diurus Izin Operasionalnya, maka otomatis kita keluarkan dari Data Emis karena dianggap sudah tidak aktif lagi.” Tegasnya.

Selain itu Wibowo juga menghimbau kepada seluruh TPQ dan DTA untuk menyerahkan laporan Bulanan secara tepat waktu setiap bulannya, karena data TPQ dan DTA harus diupdate setiap bulannya. (zhir)

Comments