Kemenag Kabupaten Karimun Segera Wujudkan Fasilitas Layanan PTSP

Karimun (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun berkomitmen untuk segera mewujudkan fasilitas layanan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kasubbag TU. H. Kholif Ihda Rifai, Senin (20/2/2019) saat ditemui di ruang kerjanya.

“Sesuai dengan arahan dari Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, H. Mukhlisuddin berdasarkan arahan dari Menteri Agama RI pada pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama pada 23 Januari 2019 lalu, dimana seluruh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se-Indonesia diharuskan menyediakan fasilitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP.” Kata H. Kholif Ihda Rifai.

Saat ditanya kapan bisa terealisasi layanan PTSP tersebut, H. Kholif Ihda Rifai menjawab diupayakan pada bulan April 2019 ini.

“Diupayakan bisa terwujud pada bulan April 2019 ini meski masih tahap sistem kerja atau minimalis. Itu untuk jangka pendeknya, untuk fasilitas PTSP yang maksimal baru bisa kita anggarkan pada tahun 2020 nanti.” Tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini hampir semua layanan publik pemerintah sudah menggunakan PTSP dimana layanan publik diberikan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan dan bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat.

“Seperti yang kita lihat di beberapa kantor yang sudah menerapkan PTSP, kita tidak perlu lagi bertemu dengan pejabatnya, hanya cukup menemui custemer servicenya. Asal syarat-syarat terpenuhi maka layanan bisa langsung diberikan tanpa harus diover kesana-kesini. Harus menemui satu sampai tiga petugas.” Jelas H. Kholif Ihda Rifai.

Untuk itu, H. Kholif Ihda Rifai meminta kepada semua Kepala Seksi dan Penyelenggara untuk menyerahkan SOP yang terkait layanan publik paling lambat akhir Maret 2019.

“Contoh layanan pindah rayon, izin operasional pendirian TPQ, legalisir ijazah, rekomendasi haji dan lainnya. Apa saja syarat-syaratnya, bagaimana SOPnya diminta diserahkan paling lambat akhir Maret ini, sehingga bisa diinventarisir, apa saja layanan publik yang bisa kita masukkan dalam layanan PTSP nanti.” Tambahnya.   (zhir)

Comments