Kemenag Kabupaten Karimun Sudah Menggunakan Aplikasi SIAGA

Karimun (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Pendidikan Islam sudah menggunakan aplikasi SIAGA atau Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama.

Mulai tahun 2019 guru PAI, Pengawas PAI dan operator data Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kabupaten yang mengurus guru PAI diwajibkan menggunakan Aplikasi SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama). 

 “Aplikasi SIAGA atau Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan oleh Operator di Kementerian Agama tingkat Provinsi dan Kabupaten. Aplikasi SIAGA ini berisi laporan rekapitulasi Guru dan pengawas PAI yang diklasifikasikan dalam beberapa kategori diantaranya jenjang, status kepegawaian, sertifikasi, TPG, dan lainnya.” Jelas Tugiatno, Staf Pendis yang menangani aplikasi SIAGA ini, Rabu (13/2/2019).

Aplikasi SIAGA ini, jelas Tugiatno lagi diberlakukan untuk proses pemberkasan sertifikasi guru PAI agar lebih efektif dan terintegrasi dengan pusat data EMIS.

“Berdasarkan jukni Panduan Aplikasi Siaga Guru Pendais (PAI) Tahun 2019, pada Aplikasi SIAGA terdapat akun Login untuk operator Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kabupaten/Kota. Dan akun login guru PAI digunakan untuk guru yang digunakan untuk melakukan perubahan data portofolio, Jadwal dan Tugas, dan Administrasi dan lainnya.” Tambah Tugiatno lagi.

Sosialisasi kepada guru-guru PAI untuk penggunaan aplikasi SIAGA, masih menurut penjelasan Tugiatno sudah mulai disosialisasikan.

“Kita sosialisasikan melalui koordinator-koordinator Kecamatan, nanti koordinator ini yang akan menjelaskan kepada guru-guru PAi lainnya.” Jelas Tugiatno. (zhir).

Comments