Lima Rumah Ibadah Buddha di Karimun Akan Diberi Bantuan Dana Rumah Ibadah Sehat.

Karimun (Inmas) – Pada tahun 2019 ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Penyelenggara Buddha akan memberikan bantuan Dana Rumah Ibadah Sehat pada 5 (lima) rumah ibadah Buddha.

Dengan bantuan dana Rumah Ibadah Sehat ini diharapkan bisa mendorong dan memotivasi pengurus rumah ibadah Buddha di Kabupaten Karimun untuk  menciptakan rumah ibadah yang bersih dan sehat. 

“Bantuan dana Rumah Ibadah Sehat ini bertujuan untuk mendorong terciptanya rumah ibadah Buddha yang bersih dan sehat. Jika rumah ibadah umat Buddha dalam kondisi tidak sehat maka fungsinya tentu tidak akan optimal dalam memberikan pelayanan kepada umat.” Kata Sudir, Selasa (12/2/2019).

Rumah Ibadah Buddha yang sehat, tambah Sudir, adalah sebuah rumah ibadah yang dapat digunakan oleh umat Buddha dan mampu menumbuhkan kehidupan yang sempurna baik fisik, rohani maupun sosial budaya. 

“Ciri-ciri rumah ibadah Buddha yang sehat itu diantaranya adalah adanya ventilasi sirkulasi pertukaran udara lancar, ruangan luas dan nyaman, kebersihan terjaga, persediaan air bersih yang tercukupi, lingkungan  yang aman, serta sanitasi yang baik.” Kata Sudir lagi.

Syarat untuk menerima bantuan Rumah Ibadah Sehat ini adalah rumah ibadah yang telah memiliki tanda daftar rumah ibadah agama Buddha, rumah ibadah yang secara aktif dipergunakan untuk kepentingan peribadatan, rumah ibadah yang akan atau sedang dalam proses rehabilitasi dan/atau pembangunan dan rumah ibadah telah memiliki status tanah yang sah.

Untuk memastikan penerima bantuan Rumah Ibadah ini tepat sasaran, Penyelenggara Buddha Sudir sudah meninjau beberapa rumah ibadah yang dinilai layak menerima bantuan seperti rumah ibadah Buddha yang ada di Kecamatan Belat pada Jumat (8/2/2019) lalu.

“Kita akan meninjau terlebih dahulu rumah ibadah mana yang dinilai layak menerima bantuan, karena bantuan terbatas hanya untuk 5 rumah ibadah. Kemarin jumat kita sudah meninjau satu rumah ibadah di Belat. Dan nanti kita juga akan meninjau rumah ibadah Buddha yang di Tanjungbatu, Moro dan Karimun. Besaran dana yang akan diterima untuk rumah ibadah sehat ini sebesar 15 juta rupiah.” Pungkas Sudir. (zhir)

Comments