Mata Pelajaran Yang Diujikan di USBN Tingkat MTs dan MA Tahun Pelajaran 2018/2019

Karimun (Inmas) – Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN Tingkat MTs untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 meliputi seluruh mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing satuan  pendidikan.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, H. Jamzuri, Rabu (13/2/2019).

“Jadi mata pelajaran yang diujikan di USBN tingkat MTs itu semua mata pelajaran,” Ungkap H. Jamzuri.

Untuk Mata Pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Sosial bentuk soalnya ada Pilihan Ganda sebanyak 40 soal dan Uraian sebanyak 5 soal. Sedangkan untuk Mata Pelajaran Matematika, soal Pilihan Ganda sebanyak 30 dan Uraian sebanyak 5 soal. Ilmu Pengetahuan Alam, soal Pilihan ganda sebanyak 5 dan soal Uraian sebanyak 5 soal.  

“Semua alokasi waktunya sama untuk semua Mata Pelajaran, yakni 120 Menit.” Tambah H. Jamzuri.

“Sama halnya dengan tingkat MTs, mata pelajaran yang diujikan di USBN tingkat Aliyah juga semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing satuan  pendidikan dalam hal ini adalah,” Ungkap H. Jamzuri.

Sementara itu untuk mata pelajaran Seni Budaya, PJOK/Penjaskes, Keterampilan/ Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prakarya serta Muatan Lokal, jumlah butir soal dan alokasi waktu ujian ditetapkan oleh masing-masing satuan Pendidikan.

“Khusus untuk ujian praktik, kisi-kisinya disiapkan oleh satuan pendidikan masing-masing. Dan terkait dengan penggandaan naskah soal menjadi tanggungjawab masing-masing satuan pendidikan.” Tambah H. Jamzuri lagi.

Untuk diketahui USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional)  adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar. 

Ketentuan dalam penyusunan soal USBN adalah 100% Kisi-kisi soal berasal dari Pusat. Sementara soal sebanyak 20-25% Soal berasal dari Pusat dan 75-80% merupakan soal dari Guru.

Comments