Mekanisme Penyusunan Soal USBN Tingkat MTs/MA Tahun Pelajaran 2018/2019

Karimun (Inmas) – Sebanyak tujuh guru dari Kabupaten Karimun saat ini sedang mengikuti kegiatan penyusunan soal USBN tingkat MTs dan MA yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan penyusunan soal USBN MTs/MA ini berlangsung dari tanggal 12 sampai 14 Februari 2019 di Wisma Kementerian Agama Batam.

Kegiatan penyusunan soal USBN ini diikuti 28 guru Madrasah Aliyah, dan 16 guru Madrasah Tsanawiyah se-Provinsi Kepulauan Riau dan dibuka oleh Kabid Pendidikan Islam, Abu Sufyan.

Dari Kabupaten Karimun diwakili sebanyak 7 guru yakni Hadidjah, S.Ag. guru MTsN Karimun, Heriyati, S.Pd. guru MTSN Karimun, Muhammad Faris, S.Pd. guru MTsN Karimun, Darmawan, S.Pd dari MAN Karimun, Suryati, S.Bi guru MA Al Huda Karimun, Parida Ayu, S.Pd. MA Yaspika Karimun dan Dra. Hj. Zahara, AB guru MAN Karimun.

Berikut adalah mekanisme penyusunan Soal tingkat MTs/MA Tahun Pelajaran 2018/2019 ini sebagaimana dijelaskan oleh Emil Yulisman, staff Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

“Tahap pertama, guru melalui KKG dan MGMP menyusun soal USBN sebanyak 75% berikut kelengkapannya berupa format lembar jawaban, pedoman penskoran untuk soal uraian, dan kunci jawaban untuk pilihan ganda. Selanjutnya Satuan Pendidikan Madrasah menerima soal USBN (25%) dari Pusat melalui Kanwil Kemenag Provinsi. Tahap berikutnya adalah tahapan merakit soal USBN secara lengkap  terdiri dari 25% soal dari pusat dan 75% soal dari guru yang telah ditelaah oleh MGMP berikut kelengkapannya.”Jelas Emil Yulisman.

Emil Yulisman juga memastikan bahwa setiap personel yang terlibat dalam penyiapan soal USBN harus menandatangani pakta integritas, serta bertanggung jawab terhadap kerahasiaan naskah soal USBN. (zhir)


Comments