Paspor Jemaah Haji Tak Lagi Gratis

Staf Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nagfirni, S.Ag. menunjukkan salah satu Paspor Jamaah Salon Haji
Karimun (Inmas) -  Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Endang Sry Wahyu memastikan bahwa pada tahun 1440 H/2019 M ini biaya penerbitan paspor jemaah haji yang telah dibayar terlebih dahulu oleh masing-masing jemaah haji, mulai tahun ini tidak akan mendapat penggantian seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi mulai tahun ini, biaya paspor dibebankan kepada masing-masing jemaah, tidak ada penggantian biaya paspor lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini berdasarkan surat dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah nomor: B-19003/DJ.II.II.2/KS.02/02/2019 tertanggal 19 Februari 2019 tentang Mekanisme Verifikasi, Pengiriman Paspor dan Cetak Visa.” Kat H. Endang Sry Wahyu, Kamis, (21/2/2019).

Untuk diketahui bahwa pada tahun-tahun sebelumnya biaya penerbitan paspor jemaah haji akan diganti ketika jemaah berada di Asrama Haji embarkasi menjelang keberangkatan ke Arab Saudi. Namun dengan ketentuan terbaru ini maka tidak ada lagi penggantian biaya penerbitan paspor bagi jemaah haji.

Sementara itu, pengurusan paspor JCH Kabupaten Karimun 1440 H/2019 M sampai saat ini masih dalam proses melengkapi Permohonan Dokumen Keimigrasian atau biasa disebut dengan Perdim 11, dan sudah 15 Perdim JCH Kabupaten Karimun yang diserahkan ke Imigrasi Karimun.

“Ada 82 Perdim jemaah kita yang harus diselesaikan di Imigrasi, terdiri atas JCH yang belum memiliki paspor sebanyak 23 jemaah, JCH paspor expired sebanyak 23 jemaah, JCH paspor endorsment sebanyak 35 jemaah. Dan dari 83 Perdim itu sudah selesai 15 Perdim, yakni 7 endrosment, 4 perpanjangan dan 4 pembuatan paspor baru. Perdim paspor lainnya masih dalam proses.” Pungkas H. Endang Sry Wahyu.

Untuk diketahui Perdim 11 (Permohonan Dokumen Keimigrasian) adalah formulir perjalanan Republik Indonesia untuk warga negara Indonesia dan merupakan salah satu persyaratan dalam pengajuan permohonan paspor yang akan berangkat ke luar negeri termasuk yang akan menunaikan ibadah haji. (zhir)

Comments