Pelaksanaan Monitoring Pengawas Madrasah, Syukriadi, S.Ag. di MAN Karimun

Karimun (Inmas) -  Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Syukriadi, S.Ag. melakukan monitoring dan evaluasi kepada guru-guru madrasah di MAN Karimun.

Kegiatan monitoring dan evaluasi guru tersebut merupakan bagian dari pengawasan terhadap kinerja guru madrasah yang dilakukan oleh pengawas madrasah secara rutin. 

“Pelaksanaan monitoring dan evaluasi di MAN Karimun dilaksanakan pada Senin kemarin (18/2/2019). Monitoring dilakukan kepada 5 guru madrasah.” Kata Syukriadi.

Supervisi yang dilakukan di madrasah tersebut diantaranya melihat kelengkapan administrasi guru seperti Program Tahunan, Program Semester, Silabus, RPP, Kalender pendidikan, Jadwal Tatap Muka, Agenda Harian, Daftar Nilai, KKM, Absensi Siswa, Buku Pegangan guru, dan Buku Teks Siswa.

“Selain itu kita juga melihat instrumen pemantauan pelaksanaan standar proses yang dilakukan guru madrasah tersebut dilihat aspek perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran.” Tambah Syukriadi.

Untuk aspek Perangkat Pembelajaran indikator yang dilihat adalah adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan standar proses, substansi RPP memuat tujuan, materi, metode dan lainnya. Penyusunan RPP sudah menggunakan prinsip perbedaan individu, dan adanya pengembangan bahan ajar dalam bentuk cetakan, audio, visual atau audio visual.

Sedangkan pada Aspek Proses Pembelajaran yang menjadi diantara indikatornya adalah adanya pengembangan bahan ajar dalam bentuk TIK, multimedia dan berbasis komputer, guru menyediakan jadwal untuk konsultasi mata pelajaran, adanya program remedial sepanjang semester, pembelajaran dilaksanakan dengan interaktif,, inspiratif, menantang, menyenangkan dan memotivasi siswa untuk aktif.

“Selanjutnya adalah pemantauan pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Kelulusan. Aspek yang dilihat adalah Kepemilikan Dokumen, yakni dokumen KTSP/K1 dan Aspek Komponen KTSP/K133 meliputi Proses Penyusunan Dokumen dan Visi, Misi serta tujuan satuan pendidikan.” Tambah Syukriadi lagi.

Pada kesempatan tersebut Syukriadi meminta kepada semua guru MAN Karimun untuk selalu melengkapi instrument yang belum lengkap. Karena masih ditemukan beberapa guru yang belum melengkapi administrasi pembelajaran secara sempurna. 

“Hasil monitoring kemarin, masih ditemukan beberapa instrumen yang belum dilengkapi guru, seperti kisi-kisi ulangan harian dan agenda harian.” Tutupnya. – (zhir).

Comments