Perencana Kemenag Karimun Ikuti Kegiatan Lokakarya Nasional Jabatan Fungsional Perencana Kementerian Agama

Karimun (Inmas) – H. Sufriadi, S.Hi. Jabatan Fungsional Perencana Muda Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Karimun mengikuti kegiatan Lokakarya Nasional Jabatan Fungsional Perencanaan Kementerian Agama Tahun 2019.

“Kegiatan Lokakarya Nasional Jabatan Fungsional Perencanaan Kementerian Agama Tahun 2019 ini dilaksanakan di Oasis Amir Hotel Jl. Senen raya Kav. 135-137 Jakarta Pusat dan berlangsung selama 2 hari yakni dari tanggal 6 hinggga 8 Februari 2019.” Jelas H. Sufriadi melalui pesan Whatsapp, Kamis (7/2/2019).

Masih menurut penjelasan H. Sufriadi yang membuka acara adalah Ketua Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia, Dr. Ir. Suprayoga Hadi, MCP. Perencana Ahli Utama, dari Kementerian PPN/Bappenas.

Dalam pemaparan Suprayoga Hadi sebagaimana dilaporkan oleh Sufriadi, menyatakan bahwa Perencanaan adalah kegiatan-kegiatan pengambilan keputusan dari sejumlah pilihan mengenai sasaran dan cara-cara yang dilaksanakan di masa depan guna mencapai tujuan yang diinginkan, serta pemantauan dan penilaian perkembangan hasil pelaksanaannya, yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.

“Adapun dokumen perencanaan itu menurut penjelasan bapak Suprayoga Hadi ada 7 dokumen, yakni Kajian dan Penelitian Kebijakan; Analisis dan Perumusan Kebijakan; Rencana Pembangunan : jangka panjang, jangka menengah, jangka pendek; Rencana kebijakan; Analisis Hasil Pemantauan dan Perumusan rencana tindakan korektif; Evaluasi Pelaksanaan dan penyusunan rekomendasi; dan 7. Penyusunan Rencana Strategis,” Ungkap Sufriadi melalui pesan Whatsapp, Kamis (7/2/2019).

Masih menurut penjelasan dari Suprayoga Hadi, Siklus Kebijakan Perencanaan Pembangunan itu terdiri atas 4 tahapan, yakni dimulai dari Identifikasi Masalah/Isu Strategis, selanjutnya Penyusunan Kebijakan Rencana Pembangunan, Adopsi dan Legitimasi Rencana Pembangunan, Pelaksanaan Rencana Pembangunan dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan. - (zhir)

Comments