Selain Zakat Profesi, ASN Kemenag Karimun Juga Dihimbau Untuk Infaq 1000/Hari

Karimun (Inmas) – Selain mengeluarkan zakat profesi, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang beragama Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun juga diajak untuk berinfak 1000 perhari.

“Kalau Zakat Profesi adalah kewajiban bagi yang muslim apabila penghasilannya dalam satu tahun telah mencapai nisabnya dan wajib dikeluarkan zakatnya 2,5 persen. Sementara Infak 1000 per hari ini juga kita himbau untuk digalakkan lagi. Jika 1 hari 1000 rupiah di kali 5 hari kerja berati hanya 5000 per minggu atau sekitar 20 ribu per bulannya. Dan saya rasa itu tidak begitu memberatkan.” Jelas H. Endang Sry Wahyu Kasi Penyelenggaraan haji dan Umrah dan salah satu pengurus BAZNAS Kabupaten Karimun saat menyampaikan pengarahan apel pagi., Kamis (7/2/2019).

Untuk diketahui bahwa pengumpulan zakat profesi dilakukan lewat UPZ yang dikelola Dinas/Instansi juga dilaksanakan oleh Dinas/Instansi yang ada di Kabupaten Karimun dan dana Zakat Profesi yang terkumpul diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karimun.

Tahun 2018 lalu saja, BAZNAS Kabupaten Karimun berhasil mengumpulkan Zakat Profesi dan Zakat Maal sebesar 2,6 Milyar dan telah menyalurkan zakat kepada mustahiq yang ada di Kabupaten Karimun. 

“Selain itu, kita juga akan melakukan penguatan di madrasah-madrasah untuk kembali menghidupkan program infak 1000 per hari.” Tambah H. Endang. 

Pada kesempatan tersebut H. Endang juga menyoroti keberadaan Koperasi Kantor Kemenag Karimun agar tidak hanya sekedar mengelola simpan pinjam saja tetapi juga bisa mengelola kantin yang sampai sekarang belum ada di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. – (zhir)

Comments