Seleksi PPPK Tahap I tahun 2019, Hanya 2 Guru Eks K-II Kemenag Karimun Yang Penuhi Syarat.

Foto: Penyerahan SK Pegawai Honorer di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun
Karimun (Inmas) - Sesuai pengumuman yang diberikan Kementerian PANRB, pendaftaran PPPK/P3K yang dibuka sejak Selasa (12/2/2019) sudah berakhir atau ditutup pada hari Minggu (17/2/2019) lalu.

Menurut penjelasan dari Bagian Kepegawaian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Sunarto Agung bahwa sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 2 Tahun 2019 yang mengatur pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bahwa seleksi PPPK pada tahap pertama ini hanya dibuka untuk Tenaga Honorer (TH) Eks K-II yang telah mengikuti tes pada tahun 2013 pada jabatan guru, dosen, dan tenaga kesehatan yang terdapat dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN). Khusus untuk Penyuluh Pertanian, database-nya ada pada BKN dan Kementerian Pertanian.

“Sebenarnya ada 3 guru kita yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi PPPK tahap I tahun 2019 ini, tapi 1 orang sudah tidak aktif lagi atau sudah berhenti dari guru, jadi hanya tinggal 2 guru saja yang memenuhi syarat yakni atas nama Ramdani dan Ahmadi,  keduanya guru dari MIN 1 Karimun.” Jelas Sunarto Agung, Selasa (19/2/2019).

Pendaftaran peserta PPPK dilakukan secara daring melalui situs https://sscasn.bkn.go.id atau https://ssp3k.bkn.go.id sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Panselnas.

“Untuk jabatan guru, selain harus memenuhi syarat eks K-II juga diperlukan kualifikasi berpendidikan paling rendah S-1 (strata satu) atau D-4 (diploma empat) dan masih aktif mengajar.” Tambah Sunarto Agung.

Adapun seleksi kompetensi yang dilakukan untuk PPPK akan meliputi kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Pada seleksi PPPK ini juga akan dilakukan wawancara berbasis komputer untuk menilai integritas dan moralitas.

Sementara itu penerimaan PPPK eks K-II bidang Teknis sampai saat ini belum ada informasinya. Sejumlah pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun yang masuk dalam eks K-II bidang Teknis sangat berharap pada penerimaan tahap kedua PPPK tahun 2019 nanti akan membuka kesempatan kepada mereka. (zhir)

Comments