Tujuan Dan Kriteria Penerima BOS Pada Pondok Pesantren Tahun 2019

Karimun (Inmas) – Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Pondok Pesantren adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan diniyah formal, satuan pendidikan muadalah pada pondok pesantren, serta pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah yang diselenggarakan oleh pondok pesantren.

Adapun tujuan BOS adalah untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu, menuju program wajib belajar 12 tahun pada layanan Pendidikan Keagamaan Islam. Hal ini sebagaimana menurut penjelasan Wibowo usai mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi BOS dan PIP Pontren Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Kepri 29-30 Januari 2019 lalu.

“Selain itu tujuan BOS Pondok Pesantren adalah membebaskan segala jenis biaya pendidikan bagi seluruh santri miskin, meringankan beban biaya operasional sekolah pada satuan pendidikan diniyah formal, satuan pendidikan muadalah pada pondok pesantren, serta pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah yang diselenggarakan oleh pondok pesantren.” Jelas Wibowo, Jumat (1/2/2019) saat ditemui di ruang kerjanya.

Kriteria penerima BOS Pondok Pesantren masih menurut penjelasan Wibowo adalah Pondok Pesantren yang sudah memiliki izin operasional dan memiliki santri penerima BOS yang tidak terdaftar sebagai siswa pada sekolah atau madrasah. 

Berikut adalah nama-nama Pondok Pesantren di Kabupaten Karimun yang akan menerima Dana BOS pada tahun 2019 ini.

Tingkat Ula ada 2 Pondok Pesantren yakni Pondok Pesantren Darul Taufiq, Sungai Raya Kecamatan Meral dan Pondok Pesantren Hidayatullah, Sememal, Kecamatan Meral Barat.

Tingkat Wustha ada 4 Pondok Pesantren yakni Pondok Pesantren Darul Taufiq, Sungai Raya, Kecamatan Meral, Pondok Pesantren Hidayatullah, Sememal, Kecamatan Meral Barat. Pondok Pesantren Mutiara bangsa, Desa Parit, Kecamatan Karimun dan Pondok Pesantren Darul Mukhlasin, Desa Sawang Laut, Kundur. (zhir)

Comments

Post a Comment