Tujuh Guru MTs dan MA dari Karimun Ikuti Kegiatan Penyusunan Soal USBN MTs dan MA

Karimun (Inmas) – Sebanyak enam guru dari Kabupaten Karimun mengikuti kegiatan penyusunan soal USBN tingkat MTs dan MA di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau.

“Kegiatan berlangsung dari tanggal 12 sampai 14 Februari 2019 di Wisma Kementerian Agama Batam atau PIH.” Jelas Hj. Zahara guru dari MAN Karimun yang mengikuti kegiatan tersebut melalui pesan WA, Selasa (12/2/2019).

Ketujuh guru yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Hadidjah, S.Ag. guru MTsN Karimun, Heriyati, S.Pd. guru MTSN Karimun, Muhammad Faris, S.Pd. guru MTsN Karimun, Darmawan, S.Pd dari MAN Karimun, Suryati, S.Bi guru MA Al Huda Karimun, Parida Ayu, S.Pd. MA Yaspika Karimun dan Dra. Hj. Zahara, AB guru MAN Karimun.

Untuk diketahui USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional)  adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar. 

Terpisah, Kasi Pendidikan Islam H. Jamzuri menyampaikan bahwa ketentuan dalam penyusunan soal USBN adalah 100% Kisi-kisi dari Pusat sedangkan soalnya 20-25% Soal dari Pusat dan 75-80% soal dari Guru.

“Jadi berbeda dengan UN dimana 100% Kisi-kisi dan Soal semunya dari Pusat begitu juga dengan UAMBN yang 100% Kisi-kisi dan soalnya dari Pusat sedangkan soal-soal USBN ketentuannya adalah 100% Kisi-kisi dari Pusat sedangkan soalnya 20-25% soal dari Pusat dan 75-80% soal dari Guru.” Jelas H. Jamzuri, Selasa (12/2/2019).

Berikut adalah ketentuan penyusunan soal USBN tahun 2019:
  1. Soal disusun berdasarkan kisi-kisi dari pusat
  2. Naskah soal 25% dari pusat dan 75% soal disusun oleh Guru madrasah
  3. Bentuk soal USBN terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian
  4. Perakitan soal (100%) dilakukan oleh guru madrasah yang dikonsolidasi oleh KKG/MGMP di bawah koordinasi Kanwil Kemenag Provinsi atau Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
  5. Naskah soal USBN terdiri dari naskah Soal Utama dan Soal Cadangan
  6. Penggandaan soal USBN beserta kelengkapannya untuk MTs dan MA dilakukan melalui input pada aplikasi USBN berbasis komputer pada masing-masing satuan pendidikan berkoordinasi dengan Kantor Kanwil Kemenag/Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.
  7. Penggandaan naskah soal USBN beserta kelengkapannya untuk jenjang SD/MI dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
  8. Master soal digandakan dengan menggunakan sumber dana dari APBD atau Biaya Operasional Sekolah (BOS) atau sumber lainnya.
(zhir)


Comments