Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama Tahun 2019


Karimun (Inmas) –  Pada tahun 2019 ini ada 7 Program Prioritas Kementerian Agama sebagaimana disampaikan oleh Dr.H. Ali Rokhmad, M.Pd. Kepala Biro Perencanaan Kementerian Agama RI.

Informasi ini sebagaimana disampaikan oleh Sufriadi, Perencana Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Karimun yang mengikuti kegiatan Lokakarya Nasional Jabatan Fungsional Perencanaan Kementerian Agama Tahun 2019 yang dilaksanakan di Oasis Amir Hotel Jl. Senen raya Kav. 135-137 Jakarta Pusat melalui pesan Whatsapp, Kamis (7/2/2019).

“Menurut penjelasan Kabiro Perencana Ali Rokhman, Program Prioritas Kementerian Agama tahun 2019 ada 7, yang pertama  Mora One Search Multiplatform System, maksudnya adalah Pengelolaan big data dan integrasi sistem aplikasi, data, dan informasi Kementerian Agama, menuju Satu Pintu Data Digital.” Jelas Sufriadi.

Yang kedua adalah, Internet Religion Forum yakni Konferensi atau Seminar internasional tentang penggunaan internet untuk agama dan keagamaan di era revolusi industri 4.0 atau Internet Religion Forum.

“Keempat adalah Modernisasi gedung, program bertujuan untuk melakukan pembaruan tampilan gedung, ruang kantor, dan tata ruang pelayanan publik agar lebih memberi rasa nyaman, aman, ramah, dan menghadirkan kepuasan seperti ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu(PTSP).” Tambah H. Sufriadi lagi.

Program yang kelima adalah Pengembangan SDM, program ini dalam bentuk penguatan sistem pengelolaan data dan informasi kepegawaian Kemenag menuju pengembangan SDM berdasarkan sistem meritokrasi, yakni sistem manajemen kepegawaian yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, serta kinerja secara adil dan wajar.

“Selanjutnya yang keenam adalah Program Pembenahan Umrah dimana akan dilakukan pembenahan tata kelola industri umrah melalui penyiapan sistem elektronisasi yang terintegrasi dengan e-umrah ArabSaudi.” Ungap H. Sufriadi lagi.

Dan yang terakhir adalah Program Promosi Kinerja dan Prestasi Kementerian Agama, program ini dalam  bentuk Kampanye Publik tentang capaian kinerja dan prestasi Kemenag 2014-2019 agar publik mengetahui, memahami, dan mengambil manfaat darinya. 

Dan Strategi yang digunakan dalam melaksanakan Program Promosi Kinerja dan Prestasi Kementerian Agama ini dengan 5 cara, yakni:
  1. Memproduksi materi publikasi dan promosi dalam berbagai bentuk seperti melalui video, vlog, meme, infografis, pamflet, hingga buku;
  2. Mempublikasikan materi yang sudah dibuat melalui berbagai media, khususnya media sosialdigital;
  3. Menyelenggarakan talk show bekerja sama dengan media elektronik dancetak;
  4. Menyelenggarakan pameran tentang capaian kinerja dan prestasiKemenag;
  5. Mengadakan ajang pemilihan duta agama dan perdamaian.
- (zhir)

Comments