Kasi PHU H. Endang Ikuti Rapat Koordinasi Kesehatan Jamaah Haji di Tanjungpinang

Karimun (Inmas) – Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Endang Sry Wahyu mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi terkait Kesehatan Bagi Jamaah Haji yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepri pada tanggal 28 Februari hingga 02 Maret 2019 di Hotel Aston Tanjungpinang, Jl. Adi Sucipto Km. 11 Tanjungpinang.

“Kegiatan rakor ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi calon jamaah haji pada pelaksanaan Haji tahun 1440 H/2019 M ini.” Kata H. Endang usai mengikuti kegiatan tersebut, Senin (4/3/2019).

Kegiatan rakor kesehatan jamaah tersebut diikuti perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sebanyak 7 orang, Kemenag Kabupaten/Kota sebanyak 7 orang dan Puskesmas Kabupaten Kota Se- Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 12 orang. 

Beberapa hal yang disampaikan dalam rapat koordinasi tersebut diantaranya tentang sosialisasi Permenkes Nomor 62 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Haji, Implementasi pengukuran kebugaran calon jamaah haji tahun 2019 yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

“Ada juga penyampaian urgensi pelayanan Kesehatan dalam pelaksanaan ibadah haji yang disampaikan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, ada juga penyampaian tentang Konsep Pengukuran Kebugaran Jasmani bagi Jamaah Haji dari Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan.” Tambah H. Endang.

Selain itu, tambah H. Endang juga dilakukan evaluasi hasil pengukuran kebugaran kesehatan jasmani oleh Kabupaten/Kota dan pemaparan hambatan dan kendala dalam pelaksanaannya.

“Puskesmas Tanjung Balai Karimun bersama Puskemesmas Sekupang dan Dinas Kesehatan Kota Tanjung Pinang termasuk best practice dalam pelaksanaan pengukuran kebugaran jasmani bagi jamaah haji.” Tutup H. Endang. (zhir)

Comments