Pelaksanaan USBN Tingkat MA T.P 2018/2019 Hari Pertama di Kabupaten Karimun Berlangsung Lancar


Karimun (Inmas) -  Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019 tingkat Madrasah Aliyah  di Kabupaten Karimun yang dimulai Senin kemarin (4/3/2019) berlangsung dengan lancar.

“Secara umum tidak ada masalah, semua ujian berlangsung dengan lancar dan tertib, tetapi ada sedikit masalah pada pelaksanaan USBN-BK kemarin di MA Yaspika, yakni ada beberapa komputer siswa yang soalnya kabur atau kurang jelas sehingga menyulitkan anak dalam menjawab. Tetapi tidak sampai menghalangi siswa tersebut menjawab, dan ujian BK tetap berlangsung sampai selesai. Sedangkan di MA Ar-Raudhah yang melaksanakan USBN-KP tidak ada masalah sama sekali.” Kata Syukriadi, S.Ag. Pengawas Madrasah yang melakukan monitoring di MA Yaspika Karimun dan MA Ar-Raudhah Tebing pada Senin (4/3/2019) kemarin.

USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 tingkat Madrasah Aliyah  di Kabupaten Karimun kali ini diikuti sebanyak 207 siswa dari enam MA se-Kabupaten Karimun, yakni MAN Karimun, MAS Al-Huda Kundur, MAS Yaspsika Karimun, MAS Hidayatul Islamiyah Meral, MAS Ummul Quro Kundur Barat, dan MAS Ar-Raudhah Tebing.

Untuk memastikan pelaksanaan USBN BK dan KP T.P 2018/2019 di MA Se- Kabupaten Karimun berlangsung dengan lancar, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Pendidikan Islam dan Pengawas Madrasah melakukan monitoring pada Senin (4/3/2019) kemarin.

“Untuk memastikan semua pelaksanaan USBN berlangsung dengan lancar, kita mengutus Pengawas Madrasah dan Staf Pendis untuk melakukan peninjauan langsung pelaksanan Ujian, untuk mengetahui apakah ada kendala atau masalah. Ada Pengawas Madrasah Ibu Rita Sahara, S.Pd. yang melakukan monitoring di MA Al-Huda Kundur, kemudian Pengawas Madrasah Ibu Dra. Nuzaimah, yang melakukan monitoring di MA Ummul Quro Kundur Barat, ada juga Bapak Syukriadi, S.Ag. Pengawas Madrasah Tingkat MTs/MA yang melakukan monitoring di MA Yaspika Karimun dan MA Ar-Raudhah Tebing  dan terakhir ada bapak Emil Yulisman, Staff Seksi Pendis yang melakukan monitoring di MAN Karimun dan MA Hidayatul Islamiyah.” Kata Ratna Susanty, Staff Seksi Pendis yang menangani pelaksanaan USBN Madrasah tahun ini, Senin (4/3/2019) kemarin.

Sementara itu, Pengawas Madrasah Rita Sahara, S.Pd. yang melakukan monitoring USBN di MA Al-Huda Kundur pada Senin (4/3/2019) kemarin mengatakan permasalahan yang ditemukan di MA Al- Huda yang masih menggunakan KTSP  tetapi pada soal ujian ada ditemukan materi atau soal K-13.

“Permasalahan yang ditemukan sewaktu melakukan monitoring di MA Al- Huda,  siswa MA Al- Huda masih menggunakan KTSP tetapi pada soal ujian ada ditemukan materi atau soal K-13.” Kata Rita Sahara.

Sedangkan pelaksanaan ujian secara umum di MA Al-Huda, tambah Rita Sahara, berlangsung dengan lancar dan tertib sampai selesai dan semua peserta ujian dari MA Al-Huda sebanyak  56 siswa hadir, dengan rincian peserta ujian Jurusan IPA, laki-laki 10 siswa dan perempuan 17 siswa, jumlah 27 siswa. Dan Jurusan IPS, jumlah laki-laki 14 siswa dan perempuan 15 siswa, jumlah 29 siswa.

Sedangkan Pengawas Madrasah Dra. Nuzaimah, yang melakukan monitoring di MA Ummul Quro Kundur Barat pada Senin (4/3/2019) kemarin menyampaikan bahwa pelaksanaan USBN di MA Ummul Quro semuanya berlangsung dengan lancar.

“Alhamdulillah, semuanya berlangsung dengan lancar dan semua siswa atau peserta ujian hadir semua, dan lembar jawaban pas serta perangkat administrasi yang harus disiapkan panitia juga semuanya sudah dilengkapi panitia.” Kata Dra. Nuzaimah melalui pesan WA, Selasa (5/3/2019)

Adapun Emil Yulisman, Staff Seksi Pendis yang melakukan monitoring di MAN Karimun dan MA Hidayatul Islamiyah pada Senin (4/3/2019) kemarin saat ditemui sore ini, Senin (5/3/2019) mengatakan pelaksanaan USBN-BK di MAN Karimun dan USBN-KP di Mas Hidayatul Islamiyah berlangsung dengan aman dan lancar.

“Aman dan lancar, tidak ada masalah.” Kata Emil Yulisman singkat.     (zhir)

Comments