Pengawas Madrasah Syukriadi: Pelaksanaan USBN 2018/2019 di MA Yaspika dan MA Ar-Raudhah Berlangsung Lancar dan Tertib

Karimun (Inmas) – Pengawas Madrasah tingkat MTs/MA Kabupaten Karimun, Syukriadi mengatakan bahwa pelaksanaan USBN-BK di MA Yaspika Karimun dan USBN-KP di MA Ar-Raudah Tebing secara umum berlangsung dengan lancar dan tertib, tidak ada kendala atau masalah yang berarti.

“Dari persiapan panitia pelaksana ujian baik di MA Yaspika dan MA Ar-Raudhah saya lihat sudah bagus, seperti adanya SK Panitia dan uraian tugas panitia, adanya program kerja dan anggaran, memiliki POS USBN-BK/KP, memiliki Domnis USBN-BK/KP dan panitia juga memiliki kriteria kelulusan yang telah disosialisasikan.” Jelas Syukriadi, Selasa (5/3/2019) melalui pesan WA.

Selain itu hasil pemantauan dilapangan juga, lanjut Syukriadi, pelaksanaan USBN di MA Yaspika dan MA Ar-Raudhah juga sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku seperti setiap ruang diawasi oleh seorang pengawas.

“Setiap server di USBN-BK di MA Yaspika saya lihat sudah ditangani oleh seorang proktor, peserta ujian di ruang ujian tidak melebihi 40 orang dan di Ar-Raudah 1 ruang tidak lebih dari 20 siswa, di kedua madrasah juga saya lihat ada denah tempat duduk peserta ujian yang disertai foto yang ditempel di pintu masuk ruang ujian.” Jelas Syukriadi lagi.

“Setiap siswa juga terlihat menggunakan Kartu Ujian sebagai kartu identitas, kelengkapan daftar hadir dan tata tertib baik bagi pengawas ruang, petugas proktor, petugas teknisi maupun panitia juga ada. Begitu juga dengan tata tertib dan daftar hadir peserta ujian saya lihat juga sudah dilengkapi.” Tambah Syukriadi lagi.

Hal lainnya yang menjadi pantauan dari Pengawas Madrasah Syukriadi adalah adanya Berita Acara pelaksanaan Ujian, adanya Ruang Sekretariat dan Ruang Pengawas, jadwal pelaksanaan USBN-BK/KP.

“Termasuk juga yang kita lihat apakah ada tulisan dilarang masuk selain peserta ujian, pengawas, proktor atau teknisi, termasuk juga apakah ada tulisan larangan membawa alat komunikasi atau kamera dalam ruang ujian dan tulisan Harap Tenang, Ada Ujian. Semuanya sudah dilengkapi oleh MA Yaspika Karimun dan MA Ar-Raudhah.” Tutup Syukriadi. (zhir)

Comments