Seksi Pendis Kemenag Karimun Gelar Rapat Persiapan USBN Pondok Pesantren 2018/2019

Karimun (Inmas) – Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun menggelar pertemuan dengan penanggungjawab pelaksanaan Ujian Pondok Pesantren, pada hari Selasa (5/3/2019) kemarin bertempat di ruang pertemuan FKUB Kabupaten Karimun.

“Yang dibahas tentang persiapan ujian dan jadwal ujian USBN Mata Pelajaran Umum dan Mata Pelajaran Agama pada Pondok Pesantren.” Kata Wibowo, staff Pendis yang menangani pelaksanaan Ujian pada Pondok Pesantren., Rabu (6/3/2019).

Adapun yang mengikuti USBN Ponpes pada tahun ini di Kabupaten Karimun sebagaimana penjelasan dari Wibowo adalah sebagai berikut:

  1. Ponpes Darul Mukhlasin tingkat Ula 2 santri, tingkat Wustha 17 santri dan  tingkat Ulya 8 santri
  2. Ponpes Hidayatullah, tingkat Ula 3 santri, tingkat Wustha 20 santri dan tingkat Ulya 18 santri
  3. Ponpes Darut Taufiq, tingkat Ula 9 santri, tingkat Wustha 28 santri dan untuk tingkat Ulya tidak ada.
  4. Ponpes Mutiara Bangsa, tingkat Ula tidak ada, tingkat Wustha 4 santri dan tingkat Ulya tidak ada.
Wibowo juga memastikan bahwa pelaksanan USBN pada Pondok Pesantren di Kabupaten Karimun semuanya dilaksanakan Berbasis Komputer.

“Atas dukungan dari berbagai pihak, pada tahun ini sebagaimana tahun sebelumnya pelaksanaan USBN pada Pondok Pesantren di Kabupaten Karimun dilaksanakan dengan Berbasis Komputer atau BK.” Tambah Wibowo lagi.

Adapun mata pelajaran yang diujikan pada Program Ula Pondok Pesantren Salafiyah untuk Mata Pelajaran Umum terdiri atas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan Mata Pelajaran Agama yang diujikan adalah Al Qur’an, Al Hadist , Akidah, Akhlak, Fiqih, Tarikh/Sejarah Peradaban Islam dan Bahasa Arab.

Untuk Program Wustha Pondok Pesantren Salafiyah mata pelajaran yang diujikan pada Mata Pelajaran Umum adalah Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Bahasa Inggris. Sedangkan Mata Pelajaran Agama yang diujikan adalah Al Qur’an, Al Hadist, Akidah, Akhlak, Fiqih, Tarikh/Sejarah Peradaban Islam, dan Bahasa Arab.

Program Ulya Pondok Pesantren Salafiyah IPS, Mata Pelajaran Umum yang diujika adalah Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi  dan  Sosiologi. Sedangkan Mata Pelajaran Agama yang diujikan adalah Al Qur’an, Al Hadist, Akidah, Akhlak, Fiqih, Tarikh/Sejarah Peradaban Islam dan Bahasa Arab.

“Untuk tingkat Ulya semuanya program IPS, tidak ada yang program IPA.” Tutup Wibowo.   (zhir)

Comments