Ada 20 Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun Yang Batal dan Tunda Berangkat Tahun 1440 H/2019 M

Karimun (Inmas) – Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Endang Sry Wahyu mengatakan bahwa pada tahun Tahun 1440 H/2019 M ini ada sejumlah Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun yang Batal Berangkat dan Tunda Berangkat.

“Ada 20 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun yang Batal Berangkat dan Tunda Berangkat pada tahun 1440 H/2019 M ini karena berbagai alasan. 10 diantaranya karena meninggal dunia.” Kata H. Endang Sry Wahyu, Jumat (12/4/2019) saat ditemui di ruang kerjanya.

Dari 10 JCH yang wafat tersebut, 8 jamaah merupakan JCH reguler dan 2 lagi merupakan JCH cadangan,  Pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah akan mengembalikan ongkos naik haji (ONH) kesepuluh jamaah yang wafat tersebut kepada ahli waris sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"ONH-nya segera dikembalikan ke rekening masing-masing, tapi harus diurus ahli warisnya dengan melengkapi dokumen-dokumen yang harus dilengkapi." kata H. Endang Sry Wahyu.

Selain sepuluh orang jamaah yang batal berangkat karena wafat, ada 10 JCH yang menunda keberangkatan dengan berbagai alasan. 5 orang  karena sakit, 3 karena urusan keluarga, 1 menunggu pendamping dan 1 karena pencekalan.

"Untuk yang Tunda Berangkat akan diberangkatkan pada tahun depan jika jamaah yang bersangkutan tidak ada halangan," jelas H. Endang Sry Wahyu lagi.

Saat ini persiapan keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun 1440 H/2019 M sudah sekitar 80 %, berbagai tahapan sudah dilaksanakan, mulai dari pengurusan paspor, biometrik, tes kesehatan I, tes kesehatan II, tes kebugaran tahap I dan II dan vaksinasi meningitis semua sudah dilaksanakan. 

“Saat ini kita masih menunggu proses pelunasan tahap I hingga tanggal 15 April 2019 nanti dan pelunasan tahap kedua. Dan dilanjutkan dengan kegiatan Manasik Haji yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei 2019 mendatang.” Tutup H. Endang Sry Wahyu.   (zhir)

Comments