BHR Kabupaten Karimun Ukur Arah Kiblat Surau Miftahul Khair – Kelurahan Pamak

Karimun (Inmas) – Penentuan arah kiblat masjid dan musholla merupakan hal penting dalam syariat Islam yaitu menentukan keabsahan dan merupakan syarat syah bagi umat Islam yang hendak menunaikan salat baik salat fardhu maupun salat sunnah lainnya.

Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Karimun dibawah koordinasi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabpaten Karimun kembali melaksanakan pengukuran arah kiblat di salah satu Surau yang ada di Kabupaten Karimun, Selasa (9/4/2019) tepatnya di Surau Miftahul Khair yang berlokasi di Kelurahan Pamak Kecamatan Tebing. 

Hasil pengukuran di Surau Miftahul Khair berada di koordinat 01 derajat 02 menit 47 detik Lintang Utara dan 103 derajat 2 menit 37 detik Bujur Timur. Sehingga azimuth/sudut arah kiblatnya adalah:
  • 293 derajat 14 menit 28 detik.
  • 66 derajat 77 menit 00 detik dari titik Utara ke arah Barat
  • 23 derajat 23 menit 00 detik diukur dari titik Barat ke arah Utara
Pengukuran dengan menggunakan Kompas Suunto, Data Qiblat Locator dan GPS 64s

Juru Ukur: Drs. H. Samsudin dan Abdul Haris, A.Md.
Saksi-saksi: Patoni dan Badaruddin, S.Pdi.

“Dalam hal pengukuran arah kibat ini kita BHR bersifat pasif, artinya pengukuran akan kita laksanakan jika ada permintaan dari Pengurus Masjid melalui surat permohonan.” Kata H. Samsudin selaku Ketua BHR Kabupaten Karimun yang juga Penyelenggara Syariah.

Ia menuturkan, bahwa semua Pengurus Masjid atau Mushalla di Kabupaten Karimun dapat mengajukan surat permohonan pengukuran Arah Kiblat kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dengan dilampiri denah lokasi dan alamat yang jelas beserta kontak person.

“Layanan pengukuran arah kiblat ini gratis tidak ada biaya apa pun. Syaratnya hanya pengajuan Surat Permohonan disertai alamat dan  kontak person agar mudah dihubungi saat kami turun ke lapangan. Dan proses pengukuran arah kiblat biasa dilakukan pada siang hari dan saat tidak hujan. Sebab matahari sangat membantu dalam menentukan azimut arah kiblat.

Setelah pengukuran, BHR Kabupaten Karimun akan mengeluarkan berita acara yang ditandatangani pihak Juru Ukur dan saksi-saksi yang ditandatangani oleh Ketua BHR Kabupaten Karimun dan diketahui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Setelah itu, baru dikeluarkan sertifikat yang ditandatangani oleh Ketua BHR Kabupaten Karimun.

Disampaikan oleh Penyelenggara Syariah Kankemenag Kabupaten H. Samsudin bahwa sampai pertengahan bulan April 2019 ini sudah 4 arah kiblat yang sudah diukur, terdiri atas 2 Masjid dan 2 Surau.  (zhir)

Comments