Bupati Karimun Tutup Pelaksanaan MTQ XI Kabupaten Karimun Tahun 2019.

Karimun (Inmas)  -   Bupati Karimun H. Aunur Rafiq secara resmi menutup perhelatan MTQ XI tingkat Kabupaten Karimun tahun 2019, Sabtu malam (30/3/2019) di Coastal Area, Kecamatan Karimun.

Acara penutupan MTQ XI tingkat Kabupaten Karimun tahun 2019 ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan persembahan Tari Kolosal, Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, pembacaan Doa oleh Ketua Mui Kabupaten Karimun H. Kholif Ihda Rifai, Laporan Ketua Umum Panitia MTQ XI tingkat Kabupaten Karimun tahun 2019 sekaligus sambutan Ketua Umum LPTQ Kabupaten Karimun oleh H. Anwar Hasyim. 

Dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Karimun H. Aunur Rafiq yang diselingi dengan penyerahan insentif bagi guru TPQ, DTA dan Pondok Pesantren sekaligus menutup secara resmi MTQ XI tingkat Kabupaten Karimun tahun 2019, pembacaan SK Dewan Hakim tentang Juara MTQ XI tingkat Kabupaten Karimun tahun 2019, penurunan Bendera LPTQ, penyerahan Piala Bergilir Bupati Karimun dan pemberian ucapan selamat kepada para pemenang MTQ XI tingkat Kabupaten Karimun tahun 2019.

Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, selaku Ketua Umum Panitia MTQ XI Kab. Karimun 2019 yang juga Ketua Umum LPTQ Kabupaten Karimun dalam sambutannya menyampaikan bahwa  seyogyanya makna dan tujuan MTQ harus dipegang teguh, diresapi, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Jangan hanya disikapi sebagai rutinitas dan seremonial tapi harus sebagai dasar pembangunan yang berlandaskan al-Quran.” Kata H. Anwar Hasyim.

Selanjutnya ia juga menyampaikan bahwa LPTQ Kabupaten Karimun yang baru saja melaksanakan Rakerda pada Jumat (29/33/2019) kemarin akan terus melakukan perbaikan karena LPTQ sebagai pusat pengembangan al-Quran akan terus mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan perkembangan masyarakat. 

“Upaya tersebut dengan peningkatan kualitas SDM dan Profesionalitas. Saat ini LPTQ dituntut menghadirkan program yang hasilnya dapat dirasakan masyarakat luas. LPTQ melalui hasil Rakerda kelima telah melakukan evaluasi dan telah menetapkan pedoman pemhinaan LPTQ mulai dari tingkat desa kecamatan dan kahupaten.” Tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, H. Anwar Hasyim juga menyampaikan bahwa beberapa minggu kedepan LPTQ akan menitik beratkan kegiatan pada persiapan kafilah Kabupaten Karimun dalam rangka pelaksanaan STQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan pada 27 April 2019 di Kabupaten Bintan. 

Sementara itu, Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dalam sambutannya juga menyampaikan hal yang sama, agar pelaksanaan MTQ tidak sekedar acara seremonial belaka tetapi harus dapat dimanifestasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan mengutip sebuah hadits.

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” 

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan harapan agar Kafilah Kabupaten Karimun bisa memberikan hasil yang baik pada pelaksanaan STQ 2019 tingkat Provinsi Kepri nanti.

“Kita berharap qori dan qoriah yang berhasil dan akan mewakili Karimun pada STQ di Bintan nanti bisa memberikan hasil yang terbaik buat Kabupaten Karimun, untuk itu kita akan dilakukan TC dan kita susun penanggungjawabnya agar kafilah Kabupaten Karimun dapat memberikan hasil yang terbaik. Dan kita berharap kepada Direktur Quran Center untuk turut membantu membina qori-qoriah kita. Karena sudah banyak anak Karimun yang sudah dibina dan dilatih di Quran Center Batam dan berhasil menoreh prestasi mulai dari tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional.” Pinta H. Aunur Rafiq.

Dan sebagai penutup sambutannya, H. Aunur Rafiq tidak lupa mengucapkan ribuan terimakasih kepada  semua pihak yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan MTQ XI Kabupaten Karimun 2019 sehingga terlaksana dengan aman, lancer tanpa ada kendala yang berarti dari awal pembukaan hingga penutupan.

“Kepada peserta yang belum berhasil meraih juara pada MTQ kali ini, jadikanlah sebagai pemicu untuk lebih giat belajar dan bisa tampil lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Dan kepada yang berhasil meraih juara, janganlah cepat berpuas hati, terus tingkatkan kemampuan agar bisa menjadi lebih baik lagi.” Ujar H. Aunur Rafiq mengakhiri sambutan sebelum menutup secara resmi perhelatan MTQ XI Kabupaten Karimun tahun 2019.

Tampak hadir dalam acara penutupan MTQ XI tingkat Kabupaten Karimun tahun 2019 ini adalah Bupati dan Wakil Bupati Karimun, Ka. Kanwil DJBC Tg. Balai Karimun, Anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Karimun, Ketua dan Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Karimun, Pimpinan FKPD, Ketua Quran Center Provinsi Kepri, Mahadi Rahman, Kepala Dinas, Kepala Badan dan Kepala Bagian, Camat se-Kabupaten Karimun, Pimpinan Instansi Vertikal, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah pimpinan Ormas  Keagamaan Islam. (zhir)

Comments