H. Samsudin Hadiri Rapat Koordinasi dalam Menghadapi Pemilu Tahun 2019

Karimun (Inmas) – Penyelenggara Syariah H. Samsudin mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Stakeholder dalam menghadapi Pemilu 2019, Kamis (11/4/2019) kemarin.

“Kegiatan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB bertempat di Meeting Room Hotel Aston Tanjung Balai Karimun. Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Karimun.” Jelas H. Samsudin.

Dalam kegiatan tersebut, jelas H. Samsudin lagi dihadiri perwakilan dari berbagai instansi terkait, mulai dari Pemda Kabupaten Karimun, Kejaksanaan Negeri Karimun, Rumah Tahaan Kelas II B Tg. Balai Karimun, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tg. Balai Karimun, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Komandan Distrik Militer 0317/TBK, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Karimun, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten  Karimun, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun, Satpol PP Kabupaten Karimun, dan perwakilan dari Dewan Pimpinan Partai Politik peserta pemilu Se-Kabupaten Karimun.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut adalah dari Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun dan Kepala Kepolisian Resor Karimun.

Berikut adalah beberapa informasi penting terkait pertemuan tersebut sebagaimana disampaikan oleh H. Samsudin yang mengikuti kegiatan tersebut.
  1. Dari pihak KPU menyampaikan bahwa terkait sarana, prasarana dan logistik untuk Pemilu 2019 sudah siap untuk didistribusikan. Tanggal distribusi untuk wilayah diluar Pulau Karimun yakni tanggal 13 April 2019 dan distribusi  untuk wilayah di Pulau Karimun yakni tanggal 14 dan 15 April 2019.
  2. Dari pihak Kepolisian terkait Keamanan menyatakan sudah siap untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 dengan menempatkan personil di setiap TPS. Di setiap TPS ada 1 atau 2 personil  tergantung kondisi lapangan. Adapun jumlah TPS yang ada Se-Kabupaten Karimun sebanyak 780 TPS.
  3. Dan dari pihak Banwaslu mengharapkan agar KPU benar-benar siap dalam hal pendistribusian logistik pemilu dan kepada partai politik diharapkan jangan ada money politik dalam pelaksanaan pemilu nanti. Dan kepada semua diharapkan agar tetap menjaga kantibmas agar selalu tetap dalam situasi yang aman, damai dan kondusif selama berlangsungnya pemilihan umum 2019.

“Dan dari Kementerian Agama Kabupaten Karimun menyampaikan bahwa upaya dan langkah-langkah yang telah dilakukan dalam upaya menyukseskan pemilu 2019 yang aman dan kondusif adalah dengan menghimbau kepada masyarakat melalui muballigh, supaya tetap menjaga perdamaian, ketertiban dan keamanan dalam pemilihan ini, jangan menyampaikan ceramah yang mengarah kepada paslon tertentu. Jangan mudah terprovokasi oleh informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu kita akan melaksanakan doa bersama agar pelaksanaan Pemilu di Karimun dalam berlangsung dengan aman, lancar, tertib dan kondusif.” Tutup H. Samsudin.  (zhir)

Comments