Inilah Program dan Kegiatan FKUB Kabupaten Karimun

Karimun (Inmas) – Dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Karimun, FKUB Kabupaten Karimun sudah melaksanakan berbagai program dan kegiatan. Hal ini sebagaiaman disampaikan oleh H. Endang Sry Wahyu selaku Sekretaris FKUB Kabupaten Karimun pada acara Rapat Koordinasi FKUB Kabupaten Karimun yang dibuka oleh Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati Karimun,Senin.(22/4/2019).

“Program dan Kegiatan FKUB Kabupaten Karimun dilaksanakan oleh masing-masing bidang. Pertama Bidang Konsolidasi Internal kegiatannya terdiri atas menyusun dan menata manajemen kelembagaan FKUB Kabbupaten Karimun dan menyusun sistem pelayanan administrasi FKUb Kabupaten Karimun.” Jelas H. Endang Sry Wahyu.

Kedua, Bidang Konsolidasi Ekternal, kegiatannya mewujudkan koordinasi dan kerjasama antar unsur yang terkait dan mewujudkan suasana yang kondusif internal agama, antar agama dan dengan pemerintah.

Ketiga, Bidang Pemeliharaan Kerukunan, kegiatannya terdiri atas menggandakan dan mendistribusikan PBM Nomor 8 dan 9 tahun 2006, bekerjasama dengan para tokoh agama dan pemerintah dalam rangka mensosialisasikan peraturan terkait hubungan antar umat beragama sampai pada lapisan masyarakat, menyusun peta rawan konflik agama di Kabupaten Karimun dan menggali potensi kearifan lokal guna mendukung Kerukunan Umat Beragama.

Keempat, Bidang Pemberdayaan FKUB, kegiatannya adalah mengadakan konsolidasi kepengurusan FKUB Kabupaten Karimun sesuai PBM Nomor 8 dan 9 tahun 200, menyusun database potensi dan kegiatan FKUB Kabupaten Karimun, menyusun – menerbitkan bulletin FKUB Kabupaten Karimun, mengadakan seminar, lokakarya, musyawarah dan dialog bagi pengurus FKUB Kabupaten Karimun dan masyarakat Umat beragama, membangun kerjasama dengan lembaga Kerukunan yang lain serta mengadakan evaluasi tahunan.

“Terakhir adalah bidang Pendirian Rumah Ibadah, kegiatannya adalah melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pendirian rumah ibadah, mengadakan kerjasama dengan instansi terkait dan lembaga-lembaga keagamaan guna memfasilitasi pendirian rumah ibadah, mengadakan pembinaan dan penagwasan terhadap proses pendirian rumah ibadah dan membangun kerjasama dengan semua pihak guna menciptakan kondisi yang kondusif di Kabupaten Karimun antara lain dengan melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan timbulnya konflik serta berupaya mencari solusi yang komprehensif.” Jelas H. Endang Sry Wahyu kepada peserta Rakor FKUB Kabupaten Karimun. (zhir)

Comments