Jumlah Sementara Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun Tahun 1440H/2019M

Karimun (Humas) – Hingga hari ini, Rabu (10/4/2019) jumlah sementara Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun tahun 1440H/2019M sebanyak 137 jamaah. Penambahan atau pengurangan jamaah menjelang keberangkatan selalu ada perubahan, baik perubahan pada aturan penambahan kuota maupun perubahan dari kondisi jamaah yang mengundurkan diri dan lain sebagainya. 

Perhitungan data sementara ini berdasarkan jumlah JCH yang berhak melunasi BPIH di tahap pertama sebanyak 125 orang dan yang harus melunasi di tahap kedua sebanyak 12 orang. 

“Pada tahap pertama pelunasan BPIH ini ada 125 JCH kita yang berhak melunasi dan di tahap kedua ada 12 JCH. Jadi totalnya sementara JCH kita berjumlah 137 orang dari semula 144 karena ada yang meninggal dunia dan menyatakan tunda berangkat, kedepan bisa saja bertambah atau berkurang tergantung kebijakan dari pemerintah atau ada JCH yang mengundurkan diri.” Jelas Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Endang Sry Wahyu, S.Ag. Rabu (10/4/2019)  saat ditemui di ruang kerjanya hari ini.

Masih menurut penjelasan H. Endang, JCH Kabupaten Karimun yang sudah melunasi BPIH tersebut akan segera diberikan Bimbingan Manasik Haji baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Kecamatan.

“Untuk tingkat Kabupaten akan dilaksanakan dua kali pertemuan dan di tingkat Kecamatan sebanyak 8 kali pertemuan. Dan untuk tingkat Kecamatan ada beberapa Kecamatan yang bergabung karena jumlah jamaahnya sedikit. Namun tanggal kegiatan manasiknya belum bisa dipastikan, kemungkinan kegiatan manasik dilaksanakan pada bulan puasa.” Kata H. Endang lagi.

Berikut adalah data JCH Kabupaten Karimun 1440H/2019M berdasarkan kecamatan:
  1. Kecamatan Karimun, laki-laki 15 jamaah dan perempuan 20 jamaah, total jamaah 35 orang.
  2. Kecamatan Meral, laki-laki 13 jamaah dan perempuan 20 jamaah, total jamaah 33 orang.
  3. Kecamatan Meral Barat, laki-laki 0 jamaah dan perempuan 2 jamaah, total jamaah 2 orang.
  4. Kecamatan Tebing, laki-laki 6 jamaah dan perempuan 17 jamaah, total jamaah 23 orang.
  5. Kecamatan Kundur, laki-laki 11 jamaah dan perempuan 14 jamaah, total jamaah 25 orang.
  6. Kecamatan Kundur Utara, laki-laki 1 jamaah dan perempuan 3 jamaah, total jamaah 4 orang.
  7. Kecamatan Kundur Barat, laki-laki 2 jamaah dan perempuan 2 jamaah, total jamaah 4 orang.
  8. Kecamatan Belat, laki-laki 1 jamaah dan perempuan 2 jamaah, total jamaah 3 orang.
  9. Kecamatan Moro, laki-laki 1 jamaah dan perempuan 2 jamaah, total jamaah 3 orang.
  10. Kecamatan Durai, laki-laki 2 jamaah dan perempuan 3 jamaah, total jamaah 5 orang.
Kecamatan Ungar dan Kecamatan Buru tidak ada.

Pada saat ini JCH kabupaten Karimun sudah menjalani beberapa tahapan persiapan haji, mulai dari pembuatan paspor haji, pemeriksaan kesehatan tahap 1 dan proses Biometrik dan kemudian pada saat ini sedang berlangsung proses pemeriksaan kesehatan tahap 2 dengan suntik meningitis dan pelaksanaan pelunasan haji tahap 1 bagi yang sudah dinyatakan istito’ah di Bank penerima setoran ( BPS).

Sedangkan bagi jamaah lansia, status sudah haji, dan cadangan masih menunggu ketetapan berdasarkan urutan porsi dari penambahan kuota berdasarkan kekurangan kuota yang terdapat pada kuota provinsi Kepri pada tahun 2019. (zhir)

Comments