Kanwil Kemenag Kepri Beri Pembinaan Hukum Dalam Perancangan Keputusan di Kemenag Karimun

Karimun (Inmas) – dalam rangka peningkatan pelaksanaan program dan kegiatan hukum, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri memberikan Pembinaan Hukum Dalam Perancangan Keputusan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Selasa (23/4/2019).

Kegiatan pembinaan Hukum Dalam Perancangan Keputusan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun disampaikan oleh Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Kepri, H. Utha Chuandra, S.Hi bersama stafnya Mursal, S.Ag.

Usai mengoreksi sejumlah Keputusan yang pernah dibuat oleh masing-masing Seksi dan Penyelenggara di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, H. Utha Chuandra, S.Hi memberikan penjelasan tentang beberapa kekeliruan yang perlu diperbaiki dalam merancang sebuah Keputusan.

“Judul, pembukaan dan jabatan pembentuk Keputusan ditulis seluruhnya dengan huruf kapital serta diletakkan di tengah marjin dengan diakhiri tanda baca koma.” Jelas , H. Utha Chuandra.
Konsideran diawali dengan kata Menimbang yang memuatt uraian singkat mengenai pokok pikiran yang menjadi pertimbangan pembentukan Keputusan.

“Jika konsideran memuat lebih dari satu pertimbangan terakhir berbunyi sebagaimana contoh format pada Menimbang huruf c;” tambahnya.

Dan dalam memuat Dasar Hukum, masih  menurut penjelasan H. Utha Chuandra  harus mengandung ketentuan sebagai berikut:
  1. Dasar Hukum yang dimuat hanya peraturan Pembentukan Peraturan Perundang-undangan antara lain: Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri Agama dan Peraturan lainnya yang mengikat dan terkait. Sedangkan segala bentuk KeputusanPresiden dan Keputusan Menteri tidak dapat dimuat pada bagian dasar hukum Keputusan, kecuali bersifat mengatur dapat dimaknai sebagai peraturan dengan ketentuan ditetapkan sebelum agustus 2011 (Pasal 100 UU Nomor 12 tahun 2011).
  2. Peraturan perundang-undangan yang dicantumkan pada bagian dasar hukum upayakan peraturan yang memberikan kewenangan jabatan untuk melakukan sesuatu tindakan/perbuatan pemerintah.
  3. Penulisan Undang-undang, Peraturan pemerintah dalam Dasar Hukum dilengkapi dengan pencantuman Lembaran Negara Republik Indonesia dan tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia dan Peraturan setingkat Menteri dilengkapi Berita Negara Republik Indonesia yang diletakkan diantara tanda baca kurung dan diakhiri tanda baca titik koma (;) 
“Selanjutnya Jenis dan nama yang tercantum dalam judul Keputusan dicantumkan lagi setelah kata Menetapkan tanpa frasa Provinsi Kepulauan Riau,  serta ditulis seluruhnya dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda baca  titik. Dan pada Kotak Paraf dibubuhi oleh Kabag TU/Kasubbag TU setelah finalisasi konsep pada kolom sebelahnya. Dan di kotak pengesahan dicantumkan nama perancang, jabatan dan dibubbuhi paraf tiap nama pada kolom sebelahnya.” Terang H. Utha Chuandra lagi.

Terakhir H. Utha Chuandra menjelaskan bahwa format Keputusan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
  1. Ukuran kertas yang digunakan harus ukuran F4 dengan berat 80 gram;
  2. Paper Siza dengan custome size (21 cm x 3 cm ) ;
  3. Line Spacing Keputusan 1 spasi dengan spasi before dan after 0 pt ;
  4. Marjin Keputusan 3 cm batas bawah, batas kiri dan batas kanan 2,5 cm ;
  5. Pencantuman nomor halaman 2 dan seterusnya dicantumkan pada bagian atas tengah dengan didahului dan diakhiri tanda baca (-) serta diberi jarak 1 (satu) spasi ;
  6. Jenis huruf yang dipergunakan Bookman Old Style dengan ukuran huruf 12. 
(zhir)

Comments

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Post a Comment