KKG-PAI SD Kabupaten Karimun Lakukan Pengoreksian Hasil USBN PAI SD 2018/2019

Karimun (Inmas) – Usai pelaksanaan USBN PAI (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam( PAI) tingkat SD Tahun Pelajaran 2018/2019 pada tanggal 8 April 2019 lalu. KKG-PAI SD Kabupaten Karimun langsung melaksanakan pengoreksian hasil ujian tersebut.

Pelaksanaan pengoreksian hasil USBN PAI tingkat SD ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 10 April hingga 12 April 2019 bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim Pengoreksi Hasil Ujian USBN PAI tingkat SD T.P 2018/2019 Abdul Salam saat ditemui hari ini, Kamis (11/4/2019).

“Pengoreksian hasil Ujian USBN PAI tingkat SD se-Kabupaten Karimun ini dilaksanakan selama 3 hari, dimulai sejak Rabu kemarin, hari ini dan Jumat besok. Insya Allah semua lembar jawaban akan selesai dikoreksi semua hingga esok hari.” Kata Abdul Salam. 

Untuk mempercepat proses pengoreksian hasil ujian USBN PAI SD ini, Abdul Salam menjelaskan dibuat dua Tim, yakni Tim Pengoreksi dan Tim Perekap.

“Untuk Tim Pengoreksi ada 20 orang, terdiri atas 18 guru PAI SD dan 2 dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, sedangkan Tim Perekap ada 4 orang.” Jelas Abdul Salam lagi.

Abdul Salam juga menjelaskan bahwa pelaksanaan USBN PAI tingkat SD se-Kabupaten Karimun yang dilaksanakan  pada tanggal 8 April 2019 lalu berlangsung dengan lancar tapa ada kendala yang berarti karena dukungan dari berbagai pihak, mulai dari Dinas Pendidikan, Kementerian Agama dan KKG-PAI SD.

“Dari penyusunan soal USBN PAI SD, persiapan, pelaksanaan Ujian USBN PAI SD sampai dengan pelaksanaan pengoreksian hasil ujian hari ini, Alhamdulillah semuanya berlangsung dengan aman dan lancar tanpa ada kendala atau masalah. Karena adanya dukungan dan kerjasama semua pihak, baik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dan guru-guru Pai yang tergabung dalam KKG-PAI SD.” Ungkap Abdul Salam.

Saat ditanya terkait hasil pengoreksian lembar jawaban USBN PAI SD ini, Abdul Salam menjelaskan bahwa nilai hasil koreksi ini akan diserahkan kembali kepada Sekolah Dasar masing-masing, dimana nilai  tersebut akan dimasukkan ke dalam Ijazah siswa.

“Hasil pengoreksian ini akan diserahkan ke masing-masing sekolah sebagai dasar dalam penulisan Ijazah siswa setelah digabung dengan Nilai Ujian TO (Try-Out) tiga kali siswa. Dan nilai USBN PAI SD ini bukanlah sebagai penentu kelulusan siswa. Karena saat ini penentuan kelulusan siswa berdasarkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh masing-masing Sekolah. Jadi hasil USBN PAI SD ini lebih kepada alat pengukur ketuntasan siswa dalam belajar dan sebagai pemetaan mutu pendidikan. ” Tutup Abdul Salam.     (zir)

Comments