Peran Kementerian Agama Dalam Memperkuat FKUB Kabupaten Karimun

Karimun (Inmas) – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun H.Jamzuri menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinasi FKUB Kabupaten Karimun yang dibuka oleh Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim dan dilaksanakan di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati Karimun,Senin.(22/4/2019).

Dalam pemaparannya ia  menyampaikan tentang Upaya Kementerian Agama  Dalam Memperkuat Peran FKUB Kabupaten Karimun.

“Forum Kerukunan umat Beragama yang selanjutnya disebut FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.” Terang H. Jamzuri memulai.

H. Jamzuri menegaskan pula bahwa dibutuhkan peran semua pihak dalam memperkuat peran dan keberadaan FKUB, pembagian peran tersebut dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama.

“Pertama adalah peran dari Organisasi Keagamaan, dimana organisasi keagamaan harus berperan aktif dalam mengembangkan pemahaman ajaran Agama kepada Pemeluknya dan mengembangkan sikap toleransi baik Intra umat agama itu sendiri maupun Antar umat beragama lainnya.” Kata H. Jamzuri.

Selanjutnya adalah peran dari pemerintah, dimana pemerintah dituntut untuk dapat melaksanakan kebijakan keagamaan yang adil dan menjunjung tinggi hak asasi manusia serta melaksanakan penegakan hukum keagamaan, sehingga terciptanya masyarakat indonesia yang agamis dan  meningkatnya kerukunan umat beragama.

Berikut adalah  diantara upaya yang telah dilakukan Kementerian Agama dalam memperkuat FKUB Kabupaten Karimun sebagaimana penjelasan dari H. Jamzuri: 
  1. Penguatan FKUB melalui regulasi-regulasi
  2. Bantuan Pembangunan Gedung FKUB Kabupaten Karimun
  3. Bantuan Dana Operasional bagi FKUB Kabupaten Karimun Setiap Tahun
  4. Penempatan Pegawai di Sekretariat FKUB Kabupaten Karimun
  5. Melaksanakan kegiatan sosialisasi PBM No 9 Dan No 8 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pelaksanan Tugas Kepala Daerah/Wkil Kep.Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama ,Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama Dan Pendirian Rumah Ibadah
  6. Berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam penguatan FKUB Kabupaten dan FKUB Kecamatan
  7. Pertemuan terjadwal dengan pemuka agama guna menyerap dan mencari solusi aspirasi umat beragama 
(zhir)

Comments