Profil Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karimun

Karimun (Inmas) - FKUB Kabupaten Karimun telah pun selesai melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi yang dibuka oleh Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim,Senin.(22/4/2019) di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati Karimun.

Peran dan fungsi dari FKUB ini sangat penting dalam upaya menciptakan dan menjaga kerukunan Intra Umat Beragama dan Antar Umat Beragama. Berikut adalah profil singkat lembaga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karimun.

FKUB Kabupaten Karimun priode 2017-2022 ini memiliki Dewan Penasehat yang terdiri atas Penasehat: Bupati Karimun, Ketua: Wakil Bupati Karimun, Sekretaris: Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Karimun dan Anggota Dewan Penasehat: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan Kabag Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan.

Adapun susunan Pengurus Harian FKUB Kabbupaten Karimun priode 2017-2022 ini adalah sebagai berikut:

Ketua: Drs. H. Jamzuri, Wakil Ketua I: H.M Rasyid Nur, Wakil Ketua II: Setiyono, Sekretaris: H. Endang Sry Wahyu, Wakil Sekretaris: H. Sufriadi, dan ditambah 12 Anggota utusan dari masing-masing agama.

Dasar dibentuknya FKUB Kabupaten Karimun ini adalah PBM Nomor 8 dan 9 tahun 200 tentang Tugas Kepala Daerah dan Wakil dalam Pemeliharaan KUB, Pemberdayaan FKUB dan Pendirian Rumah Ibadah, Peraturan Gubernur Kepri Nomor 20.1 Tahun 2010 tentang FKUB dan Pendirian Rumah Ibadah di Provinsi Kepri serta Keputusan Bupati Nomor 573 Tahun 2017 tentang Pembentukan FKUB Kabupaten Karimun Periode 2017-2022.

Visi FKUB dalam Kepengurusan 2017-2022 ini adalah FKUB Kabupaten Kariun sebagai Mitra Terdepan Pemerintah dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Karimun.
Sedangkan Misi FKUB Kabupaten Karimun adalah memelihara Kerukunan intern dan antar umat beragama, memberdayakan FKUB Kabupaten Karimun dan memfasilitasi pendirian rumah ibadah sesuai kebutuhan nyata dari umat dengan memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan. (zhir)

Comments