Pemenang Cabang Tilawah Dewasa pada STQH VIII Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2019 di Bintan

Karimun (Inmas)  -    Perhelatan STQH VIII Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2019 di Bintan resmi ditutup oleh Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun pada Rabu malam tadi (01/05/2019) bertempat di di Lapangan Relief Antam Kijang, Kabupaten Bintan.

Berikut adalah urutan pemenang cabang Tilawah Dewasa  Putra dan Putri dalam perhelatan STQH VIII Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2019 di Bintan sebagaimana disampaikan oleh Ketua Kafilah Kabupaten Karimun, H. Kholif Ihda Rifai, Rabu malam (01/5/2019) berdasarkan pengumuman yang disampaikan oleh Ketua Dewan Hakim H. Said Agil Husin Al Munawar.

Cabang Tilawah Dewasa  Putra

Juara Pertama dari Kabupaten Karimun atas nama Amirullah
Juara Kedua dari Kota Tanjungpinang atas nama M. Irfani
Juara Ketiga dari Kabupaten Anambas atas nama Edi Gunawan

Cabang Tilawah Dewasa  Putri

Juara Pertama dari Kabupaten Lingga atas nama  Siska Wulandari
Juara Kedua dari Kota Tanjungpinang atas nama Nurin Retno S
Juara Ketiga dari Kabupaten Bintan atas nama Zakiyah

Pelaksanaan Lomba Tilawah Dewasa  pada STQH VIII Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2019 di Bintan berlangsung dari tanggal 28 sampai 30 April 2019 bertempat di Astaka Utama STQH Lapangan Relief Antam Kijang  Kabupaten Bintan. 

Untuk diketahui bahwa perlombaan Cabang Tilawah Dewasa ini adalah bidang lomba membaca Al-Qur’an dengan bacaan mujawwad, yaitu bacaan Al-Qur’an yang mengandung nilai ilmu membaca (tajwid), seni (lagu dan suara), dan etika (adab) membaca tetapi dikhususkan bagi tingkat Dewasa dengan batasan umur 39 tahun 11 bulan 29 hari.

Dan dalam penilaian cabang Tilawah Dewasa ini ada 4 (empat) Bidang Penilaian, yakni, pertama, Penilaian Bidang Tajwid dengan materi yang dinilai Mahrijul Khuruf, Siftul Khuruf, Ahkamul Huruf, Ahkamul Mad wa Qoshar.

Kedua, Penilaian Bidang Fashahah dengan materi yang dinilai Ahkamul Waqf wal Ibtida', Mura'atul Huruf wal Harakah, Mura'atul Kalimal wal Ayat. 

Ketiga, Penilaian Bidang Suara, dengan materi yang dinilai Vokal dan Keutuhan Suara, Kejernihan atau Kebeningan, Kehalusan atau Kelembutan, Kenyaringan dan Pengaturan Nafas. 

Dan keempat, Penilaian Bidang Lagu dengan materi penilaiannya Lagu Pertama dan Penutup, Jumlah Lagu, Peralihan, Keutuhan dan Tempo Lagu, Irama dan Gaya dan Variasi.

Materi bacaan dari Juz 1 sampai dengan Juz 330 dengan lama penampilan antara 9 sampai 10 menit pada babak penyisihan dan 10-12 menit pada babak final. Penentuan maqra pada babak penyisihan ketika peserta akan naik mimbar dan pada babak final 4 jam sebelum naik mimbar. (zhir)

Comments