Bupati Karimun Melepas Secara Resmi Keberangkatan JCH Kab. Karimun Tahun 1440 H/2019 M

Karimun (Inmas) – Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun yang berangkat pada tahun 1440 H/2019 M secara resmi dilepas oleh Bupati Karimun, Sabtu (20/7/2019) bertempat di  halaman rumah dinas Bupati Karimun.

Dalam sambutan singkatnya Bupati mendoakan kepada seluruh JCH selamat berangkat dan selamat kembali dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurah.

Selanjutnya Ka. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun yang diwakili oleh Penyelenggara Haji dan Umrah H. Endang Sry Wahyu dalam laporannya menyampaikan sejumlah informasi terkait keberangkatan JCH Karimun yang berangkat pada tahun ini.

Pertama, jumlah Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun Tahun 1440 H / 2019 M sebanyak 173 Orang termasuk TPHD Yang terdiri dari :

 Kecamatan Karimun : 46 Orang
 Kecamatan Meral :  38 Orang
 Kecamatan Tebing :  25 Orang
 Kecamatan Meral Barat : 2 Orang
 Kecamatan Kundur : 36 Orang
 Kecamatan Kundur Barat :  7 Orang
 Kecamatan Kundur Utara :  6 Orang
 Kecamatan Moro :   3 Orang
 Kecamatan Belat :  3 Orang
 Kecamatan Ungar :  2 Orang
 Sementara dari Kec. Durai :  5 Orang

“Dari 173 Orang Jamaah Calon Haji tersebut 105 Orang JCH Wanita dan 68 JCH Pria.” Ungkap H. Endang Sry Wahyu

Jemaah calon haji  Kab. Karimun tahun ini diberangkatkan melalui 2 kloter, yakni kloter 17, yang akan berangkat sebanyak 163 Jemaah, sedangkan sisanya sebanyak 10 orang akan diberangkatkan dengan kloter 28, yang akan masuk ke embarkasi pada tanggal 31 Agustus 2019.

Selanjutnya, H. Endang Sry Wahyu juga menyampaikan tentang jemaah haji berdasarkan usia tertua dan termuda dari Kabupaten Karimun yakni:

1. jemaah pria tertua atas nama Muhamad Nuh Djaba dengan Usia 82 Tahun dari Kecamatan Kundur Utara dan termuda atas nama Muhammad Reval Reyhan Makhfuz usia 29 Tahun dari kecamatan Meral

2. jemaah wanita tertua atas nama Sarinah Kramadjaja Karja usia 87 Tahun dari Kecamatan Kundur, Dan Termuda atas nama Dina Yuni Nazar dengan Usia 36 Tahun dari Kecamatan Karimun.

“Selanjutnya dapat kami informasikan juga bahwa pelunasan biaya haji pada tahun ini untuk embarkasi Batam sebesar Rp. 32.306.450,-. Yang dibagi menjadi IV tahapan, tahap I (untuk jemaah reguler) sebanyak 143 Jemaah, yang melunasi BPIH sebanyak 127 Jemaah, sedangkan 16 Jemaah tidak melunasi dikarenakan, sakit, wafat dan dan kondisi lain-lain. Pelunasan tahap II (untuk lansia, sudah haji, cadangan, pendamping mahram) sebanyak 26 Jemaah, yang melunasi BPIH sebanyak 23 Orang, dan yang tidak melunasi sebanyak 3 Jemaah. Pelunasan Tahap III (Tambahan 10.000) sebanyak 16 Jemaah dan semuanya telah melunasi BPIH. Tahap IV sebanyak 9 jemaah dan semuanya telah melunasi BPIH.” Jelas H. Endang Sry Wahyu

Adapun mereka yang batal berangkat karena wafat 11 Jemaah, Sakit 5 jemaah, Alasan lain-lain sebanyak 7 Jemaah.

Kedua, H. Endang Sry Wahyu menjelaskan terkait Pembinaan Jamaah Haji. Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun pada tahun ini telah mendapat pembinaan manasik haji dari Kankemenag sebanyak 10 kali, dengan rincian ditingkat kecamatan sebanyak 8 kali, ditingkat kabupaten sebanyak 2 kali.

Ketiga, tentang Pelayanan Kesehatan. Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun yang akan berangkat hari ini semuanya sudah diperiksa kesehatannya dan disuntik meningitis serta sebagian vaksin influenza.

“Alhamdulillah pagi hari ini semua jamaah calon haji dalam kondisi fit untuk dapat diberangkatkan ke Embarkasi Batam.” Ungkap H. Endang Sry Wahyu.

Kloter 17 dengan jumlah 163 Jemaah akan bergabung Bersama JCH Kota Batam, dan Bintan, berangkat pada hari Ahad, 21 Juli 2019 Pukul 10.10 Wib. Dengan menggunakan pesawat Saudi Arabia Air Line dengan nomor penerbangan SV 5721. Dan inshaallah diperkirakan  tiba di Jeddah tanggal 21 Juli 2019 pukul 14.35 WAS. Kemudian akan kembali ke tanah air dari Madinah pada hari Senin tanggal 02 September 2019 pukul 08.00 WAS dan diperkirakan sampai di Tanah Air pada tanggal yang sama pukul 21.00 WIB. menggunakan pesawat Saudi Arabia Air Line dengan nomor penerbangan SV 5200.

Kloter 28 dengan jumlah JCH 10 Jemaah akan bergabung Bersama JCH Kota Batam, dan Kota Tanjung Pinang, dan provinsi Jambi berangkat pada hari Kamis, 01 Agustus 2019 Pukul 10.10 Wib. Dengan menggunakan pesawat Saudi Arabia Air Line dengan nomor penerbangan SV 5421. Dan inshaallah diperkirakan  tiba di Jeddah tanggal 01 Agustus 2019 pukul 14.35 WAS. Kemudian akan kembali ke tanah air dari Madinah pada hari Senin tanggal 13 September 2019 pukul 07.45 WAS dan diperkirakan sampai di Tanah Air pada tanggal yang sama pukul 21.20 WIB. menggunakan pesawat Saudi Arabia Air Line dengan nomor penerbangan SV 5006.

“Ucapan Terima Kasih kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Karimun, yang telah banyak membantu demi kelancaran penyelenggaraan Ibadah haji pada tahun ini.” Ungkap H. Endang Sry Wahyu lagi

Ucapan terima kasih juga ia sampaikan kepada Dinas Kesehatan dan Instansi terkait, Kantor Imigrasi Kelas II Tg. Balai Karimun, KSOP, Kantor Pelayanan Bea dan Cukai, KKP, pelindo dan instansi lainnya serta pihak Keamanan yang telah bekerja maksimal dalam menyukseskan penyelenggaraan haji pada tahun ini.

“Terima Kasih juga disampaikan kepada Para Camat dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan serta Kepada IPHI, baik Tingkat Kabupaten Maupun Kecamatan yang selalu mendukung terlaksananya penyelenggaraan haji di Kabupaten Karimun ini.” Tutupnya. (zhir)

Reporter/penulis: Muntazhir
Editor: Hatiman




    

Comments