H. Endang Sry Wahyu: Tugas Pokok dan Fungsi Karu dan Karom dalam Perjalanan Ibadah Haji

Karimun (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Rabu pagi (10/7/2019)  memberikan pembekalan kepada Karu (Ketua Regu) dan Karom (Ketua Rombongan) bagi JCH Kabupaten Karimun yang akan berangkat pada tahun 1440 H/2019 M ini.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Jamzuri bertempat di ruang pertemuan FKUB Kabupaten Karimun dan diikuti sebanyak 19 peserta terdiri atas 4 Karom dan 15 Karu.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Endang Sry Wahyu yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi tentang Tugas Pokok dan Fungsi Karu (Ketua Regu) dan Karom (ketua Rombongan) dalam perjalanan Ibadah Haji.

H. Endang menyampaikan bahwa peran Karu dan Karom ini sangat penting karena merekalah petugas yang selalu bersama jemaah. 

“Ketua rombongan adalah jemaah yang mengetuai rombongan dan tugas pokok dari Ketua Rombongan adalah membantu pelaksanaan tugas Ketua Kloter (TPHI) yang menyertai jamaah calon haji dibidang pelayanan umum, ibadah dan kesehatan. Adapun fungsi dari Ketua Rombongan adalah meneruskan Informasi atau Pengumuman dari Petugas Kloter (TPHI, TPIHI dan TKHI), mengatur, membantu dan menjaga anggota rombongannya agar tetap utuh, aman, tertib dan lancar serta dapat mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji serta menyelesaikan dan melaporkan permasalahan pada ketua kloter.” Jelas H. Endang Sry Wahyu.

Sedangkan Ketua regu adalah jemaah yang dipercaya dalam kelompok regu untuk memimpin regunya. Adapun tugas pokok dari Ketua Regu adalah membantu pelaksanaan tugas Ketua Rombongan sebagai pembantu tugas TPHI, TPIHI dan TKHI dibidang pelayanan umum. Sedangkan fungsi dari Ketua Regu adalah meneruskan informasi atau pengumuman dari Karom dan Petugas Kloter (TPHI, TPIHI dan TKHI) mengatur, membantu dan menjaga anggota regunya agar tetap utuh, aman, tertib dan lancar selama dalam perjalanan melaksanakan ibadah haji serta menyelesaikan atau melaporkan permasalahan pada Karom” Jelas H. Endang.

Berikut adalah uraian tugas dari Ketua Regu, sebagaimana disampaikan oleh H. Endang Sry Wahyu.
  1. Mencatat Nama-Nama Anggota Regunya
  2. Meneruskan Informasi / Pengumuman Pada Regunya (Tata Tertib Dan Waktu Keberangkatan dan lain-Lain)
  3. Menganjurkan Pada Regunya Untuk Istirahat Selama Di Asrama Haji
  4. Mengikuti Bimbingan Haji / Ceramah Tentang Haji Yang Dijadwalkan Oleh Ppih Embarkasi
  5. Membantu Anggotan Regunya Dalam Konsultasi Manasik Haji Dan Kesehatan
  6. Mengingatkan Anggota Regunya Agar Membekali Dirinya Dengan Payung, Jaket Dan Cream dan lainnya Selama Di Arab Saudi Untuk Menghadapi Cuaca Extrim
  7. Membantu Dalam Pelayanan Akomodasi, Konsumsi, Pembagian Gelang, Living Cost Dll
  8. Jamaah Yang Selesai  Agar Istirahat Dikamar
  9. Meneliti Paspor Dan Dapih Terutama Nama Dan Foto Serta Dokumen Lainnya (Tertukar)
  10. Mengikuti Pemantapan Karu Yang Dijadwalkan Oleh Ppih Embarkasi
  11. Menyelesaikan / Melaporkan Permasalahan Kepada Ketua Rombongan
  12. Mengatur Dan Menginformasikan Anggotanya Saat Berangkat Ke Bandara
  13. Check Anggota Jamaah Laporkan Ke Ketua Rombongan

Reporter/Penulis: Muntazhir
Editor: Hatiman

Comments