Fun: Siswa MAN Karimun ‘Opening Matsama On Air’, ‘Closing di Shopping Centre’

MC diacara Live Streaming Pembukaan Matsama

MC diacara Live Streaming Pembukaan Matsama

Karimun (Inmas) -  Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Siswa MAN Karimun dilakukan secara daring dan luring. Senin 13 juli 2020 merupakan hari pertama. Untuk hari pertama masa ta’aruf, diagendakan secara daring. Siswa mengikuti kegiatan dari rumah penuh semangat. Sementara guru mengikuti kegiatan dari madrasah. Kegiatan ini disiarkan secara langsung (Live Streaming) di link Youtube MAN Karimun. Hadir bersama mengikuti kegiatan unik ini pendidik, tenaga kependidikan MAN Karimun, siswa dan orang tua hebat. Meskipun acara pengenalan dilakukan secara virtual, diyakini tidak mengurangi maksud dan tujuan dari MATSAMA itu sendiri.


Diharapkan dari tayangan video dan gambar, siswa memperoleh informasi tentang area madrasah, sistem pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, fasilitas belajar, budaya dan karakter madrasah, ekskul, alumni, berbagai prestasi yang telah diraih MAN Karimun. Pada kesempatan itu ditampilkan juga video pilihan siswa baru terkait bakat dan talenta. Tentu tayangan video terpilih memberi kebanggaan tersendiri pada orang tua utamanya siswa. Seru, diakhir kegiatan diadakan quiz. Siswa diharuskan menjawab langsung pada link yang tersedia kurang lebih 10 menit. Siswa yang tercepat dan tepat menjawab mendapat hadiah. Alhamdulillah, diperoleh 6 pemenang. Kegiatan ini sesungguhnya dikemas segar, fun dan kekinian.

 

Bersama derasnya hujan yang turun pagi itu Matsama terus mengudara. Layaknya jadwal pesawat terbang, pilot melaksanakan tugasnya dengan penuh  tanggung jawab. Begitupun siswa pemandu acara (MC) mulai melaksanakan tugas mengatur jalannya acara. Benar saja, diandaikan pesawat tinggal landas (take off) hingga mengudara alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai rencana. Guncangan kecil, sinyal yang tidak stabil dapat dilalui. Sesuai tema yang diangkat yakni, Past ,Present, Future. Untuk menuju sukses di masa yang akan datang, perbaiki kekurangan di masa lalu juga masa di mana kita berada saat ini. Dipilihnya ruang tunggu bandara juga pesawat yang mengudara pada spanduk matsama sarat motivasi. Semua berawal dari mimpi, dari mimpi semangat mewujudkan cita.

 

Dihari ke 2 dan ke 3 kegiatan matsama dilaksanakan secara luring. Siswa belajar dan melaksanakan tugas sesuai arahan yang diberikan. Sesi pertama pukul 08.00 sd 10.00 pengembangan literasi. Materi kegiatan tentang karakter. Siswa diharuskan mengenali dirinya sendiri. Jika dihari ke 2 dan hari ke 3 siswa cendrung melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, membantu ibu memasak, membersihkan rumah atau mengasuh adik dilakukan secara spontan atau tanpa diminta, maka karakter yang muncul saat itu adalah karakter responsif. Semua sikap dan prilaku siswa dikisahkan pada tulisan. Sesi kedua,pukul 10.00 sd 12.00 pengembangan kreativitas. Siswa diberi kesempatan untuk unjuk kreativitas, mengekspresikan rasa seninya pada wadah yang telah ditentukan. Semua aktivitas dilakukan di rumah masing-masing.

 

Sebagai penutup (closing) kegiatan matsama, rabu pukul 13.00 sd 15.00 siswa baru diundang hadir ke MAN untuk pengenalan selama 15 menit. Mereka tidak hadir bersamaan. Kesempatan 15 menit yang diberikan, diharapkan mampu melebur rasa penasaran siswa baru akan tempat belajar, wali kelas dan kakak kelas. Alasan itulah yang mendorong panitia matsama mendesain MAN Karimun seperti SHOPPING CENTRE. Untuk bisa masuk ke pusat perbelanjaan siswa harus menggunakan masker. Menggunakan handsinitizer, dicek suhu tubuh, mengambil nomor antrian (kassa). Ada 7 kassa yang telah dipersiapkan. Kassa tersebut diisi oleh kakak-kakak OSIS yang siap memberikan pelayanan yang ramah dan prima. Hasil kerja siswa selama 2 hari di rumah dibawa ke madrasah selanjutnya untuk diserahkan pada kasir. Disinilah letak menariknya kegiatan MATSAMA di MAN Karimun ungkap Kepala Madrasah Yuni Hasnidar, S,Pd. M.MPd. ‘Pertemuan singkat namun memberi kesan yang mendalam’. Beberapa siswa baru mengakui selain bernilai edukasi kegiatan ini belum pernah ditemui, mereka mengaku senang. Siswa baru dan kasir (kakak OSIS) saling berinteraksi, saling bertransaksi layaknya custumer yang sedang berbelanja.


Dokumentasi Kegiatan Matsama MAN Karimun


Grand Opening Shoping Center Matsama MAN Karimun TP. 2020/2021

Stand Kreativitas siswa (talenan Kayu dan Nyiru beras)


Kassa yang ditunggui OSIS siap melayani Siswa Matsama


Kassa 3 Siswa baru dan Kasir (kk OSIS saling menyapa dan berinteraksi)


Stand Literasi yang memajang kreativitas siswa

Foto bersama pendidik dan tenaga kependidikan MAN Karimun



 


Comments